Waspada! 38 Daerah di Jawa Timur Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem hingga 5 Februari

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan awal cuaca ekstrem nan berpotensi melanda wilayah di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur (Jatim) dalam sepekan ke depan alias hingga 5 Februari 2024.

"Waspadai potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Jawa Timur nan dapat mengakibatkan terjadinya musibah hidrometeorologi (hujan lebat, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, serta hujan es) pada periode 30 Januari hingga 5 Februari 2024," ungkap Kepala BMKG Juanda, Taufiq Hermawan, Selasa (30/1/2024).

BMKG, kata Taufiq, mendeteksi potensi cuaca ekstrem ini dikarenakan sebagian wilayah Jawa Timur telah memasuki puncak musim hujan. Kemudian, adanya Monsun Asia Musim Dingin nan diasosiasikan sebagai musim angin baratan mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah khususnya wilayah Jawa Timur.

 BACA JUGA:

"Hal ini juga didukung adanya wilayah konvergensi alias pertemuan angin nan mendukung terbentuknya pumpunan awan hujan di wilayah Jawa Timur," katanya.

Selain itu, pada tanggal 3 sampai 5 Februari 2024 diprakirakan adanya aktvitas dari Gelombang Atmosfer Kelvin nan melintasi wilayah Jawa Timur, sehingga berpotensi mengakibatkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Timur dalam sepekan ke depan.

"BMKG menghimbau masyarakat dan lembaga mengenai agar senantiasa waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat nan disertai petir dan angin kencang selama sepekan ke depan," imbau Taufiq.

Kemudian, wilayah dengan topografi curam, bergunung, tebing diharapkan lebih waspada terhadap akibat nan dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang serta berkurangnya jarak pandang.

 BACA JUGA:

Berikut wilayah Jawa Timur nan berpotensi dilanda cuaca ekstrem sepekan kedepan, per 30 Januari hingga 5 Februari 2024:

1. Kab. Bangkalan,

2. Kab. Banyuwangi,

3. Kota Batu,

4. Kota Blitar,

5. Kab. Bondowoso,

6. Kab. Gresik,

7. Kab. Jombang,

8. Kota Kediri,

9. Kab. Malang,

10. Kab. Lamongan,

11. Kota Madiun,

12. Kab. Madiun,

Baca Juga: intip-menu-andalan-bakerzin-dan-dapatkan-promo-spesial-bri-sekarang-juga?utm_source=okezone.com&utm_id=intip-menu-andalan-bakerzin-dan-dapatkan-promo-spesial-bri-sekarang-juga

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan buletin up to date dengan semua buletin terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selengkapnya
Sumber Okezone
Okezone