Yenny Wahid: Ganjar-Mahfud Siap Fasilitasi Kebutuhan Pesantren dan Santri

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEGAL, Koranmadura.com – Zannuba Ariffah Chafsoh alias nan dikenal dengan Yenny Wahid melakukan silaturahmi dan memberikan orasi kebangsaan di Pondok Pesantren Alfatih Karangmulya, Bojong Tegal, Jawa Tengah, Sabtu 2 Desember 2023.

Dalam aktivitas nan dihadiri ratusan santri, pengasuh pondok pesantren, tokoh masyarakat, dan organisasi serta badan otonom organisasi Nahdlatul Ulama (NU) di Tegal ini, Yenny memberikan motivasi dan semangat kepada para santri.

Dia memastikan pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mempunyai banyak program untuk memajukan pesantren dan para santrinya.

“Saya menghadiri aktivitas perbincangan kebangsaan untuk meningkatkan semangat santri, semangat para kalangan pondok pesantren para kiai, bu nyai untuk berkontribusi bagi Indonesia ke depan,” kata Yenny Wahid disela-sela aktivitas ini.

Selain itu, Direktur Wahid Foundation ini juga mendengarkan aspirasi kalangan pesantren untuk dapat diperjuangkan kedepan dalam bagian kebijakan publik.

“Kita mendengarkan apa aspirasi pesantren, apa sih kebutuhan pesantren nan kudu kita fasilitasi nan membikin santri bisa menjadi orang nan sukses di kemudian hari,” ujarnya.

Putri Gus Dur itu meneruskan, “Dan kemudian berkomitmen pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.”

Sebab menurutnya pesantren merupakan sumber aktivitas pendidikan, ekonomi, sosial dan keagamaan.

“Pesantren ini pusat-pusat mini dari peradaban di sebuah masyarakat. Nah jika pesantren kuat, maka negaranya kuat,” ujar Yenny.

Selain itu, Yenny nan sekarang menjabat Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional (TPN) Ganjar Pranowo – Mahfud menyampaikan bahwa dalam setiap kunjungannua ke beragam pondok pesantren dirinya memohon support dari ponpes agar mensukseskan Pemilu dan Pilpres serta mendukung pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

Menurut Yenny, Ganjar – Mahfud mempunyai banyak program unggulan nan mengenai dengan kemajuan pondok pesantren dan santri di Indonesia.

“Pak Ganjar – Mahfud mau agar pesantren, santri-santri menjadi santri unggul. Pesantren menjadi pusat wirausaha, ada program training untuk para santri dan pondok pesantren,” ungkapnya.

Selain itu, ada pula program untuk pembimbing ngaji dan marbot masjid nan nantinya bakal diberikan perhatian oleh pemerintah.

“Tidak boleh mereka tertinggal. Pembangunan jangan sampai hanya dinikmati oleh segelintir orang saja. Dan kalangan pesantren tidak ikut merasakan hasil dari pembangunan di Indonesia,” katanya.

“Jadi kita mau agar kedepan itu pesantren bisa difasilitasi agar bisa lebih berdaya. Karena ketika pesantren berkekuatan dia juga bisa berdayakan masyarakat. Kalau pesantren kuat dia bisa menguatkan masyarakat. Kalau pesantren kuat, masyarakat kuat, negara pun bakal kuat,” pungkasnya. (Gema)

Selengkapnya
Sumber Koranmadura
Koranmadura