Viral Dua Bocah Nekat Naik Motor Madura-Jakarta, Caleg Perindo Dian Mirza: Tekankan 3 Hal Penting

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

JAKARTA - Caleg muda Partai Perindo, Dian Mirza menyoroti tindakan viral dua bocah MZ dan MR asal Sampang, Madura, Jawa Timur, nan nekat mengendarai motor dari kampung halamannya ke Jakarta dengan bermodalkan GPS. Menurut Dian, tindakan kedua bocah tersebut perlu mendapatkan perhatian serius.

"Karena menyangkut keselamatan dan tahapan perkembangan kehidupannya kelak. Usia 10-11 tahun adalah usia transisi dari anak-anak menuju remaja, dan pendampingan orang tua dalam pola asuh tetap sangat dibutuhkan," kata Dian kepada wartawan, Jumat (24/11/2023).

Karenanya, Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 9 itu mengatakan, ada beberapa rekomendasi nan perlu menjadi perhatian.

Pertama, kedua bocah tersebut sudah menyalahi patokan mengendarai kendaraan tanpa sepengetahuan orang tua. Artinya, kedekatan alias komunikasi kedua bocah tersebut dengan orang tuanya dinilai kurang baik.

Padahal, menurut Dian, anak usia 10-11 tahun sedang mengalami transisi menuju kemandirian nan lebih besar. Secara kognitif, mereka sering kali tetap berpikir untuk jangka pendek.

"Jadi, alangkah baiknya orangtua tetap membina kedekatan dengan anak melalui komunikasi mengenai karena - akibat, akibat atas segala tindakan nan dilakukan, namun tidak terlalu mendominasi. Pembinaan dalam corak sosialisasi ke sekolah- sekolah juga perlu dilakukan pihak kepolisian mengenai keamanan berkendara," jelasnya.

Kedua, lanjut Dian, dilihat dari aspek sosial, seharusnya, orang tua tetap memberikan ruang, namun tetap diawasi.

"Jika MZ dan DR bisa mengemukakan alasannya, orang tua bisa membantu memberikan solusinya," kata dia.

"Ketiga, peran pembimbing juga tidak kalah krusial dalam memantau perkembangan anak - anak di sekolah dan terus melakukan komunikasi dengan orang tua andaikan ada aktivitas ataupun tindakan anak nan tidak biasa di sekolah," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan buletin up to date dengan semua buletin terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selengkapnya
Sumber Okezone
Okezone