Update Kegawatdaruratan Neonatal, RSUD Smart Pamekasan Perbarui Metode Persiapan Persalinan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
RSUD(Dok. Media Jatim) Dokter Spesialis Anak RSUD Smart Pamekasan dr. Novel Widya Saputra.

Pamekasan, mediajatim.com – RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan menggelar In House Training mengenai “Update Kegawatdaruratan Neonatal” di ruang pertemuan rumah sakit setempat, Jumat (5/1/2023).

Kegiatan ini memberikan pengetahuan dan training kepada tenaga medis mengenai pembaruan tata laksana kegawatdaruratan pada neonatal (bayi baru lahir) oleh master ahli anak dr. Novel Widya Saputra.

dr. Novel menjelaskan, pembaruan kegawatdaruratan neonatal nan dilakukan RSUD Smart Pamekasan konsentrasi pada persiapan persalinan pasien.

“Misal ada ibu mengandung bakal melahirkan, kami fokuskan pada persiapan persalinan dan gimana menolong bayi baru lahir, baik itu kondisinya sehat alias sakit,” tuturnya kepada mediajatim.com, Rabu (10/1/2024).

Kata dr. Novel, dalam persiapan persalinan saat ini metodenya berbeda dengan nan sebelumnya. Perbedaan ini terletak pada pengeringan bayi.

“Jika dulu bayi dikeringkan ke seluruh tubuh, nan sekarang dikeringkan bagian kepala saja. Sementara untuk langkah awal, hangatkan bayi, kemudian bayi diposisikan dengan benar, lampau usap lendirnya,” paparnya.

Selain itu, lanjut dr. Novel, perlu penanganan unik jika terdeteksi ada masalah kesehatan pada bayi nan bakal lahir.

“Bisa dideteksi sebelumnya jika memang ada problem kesehatan. Dari usia kehamilan, apakah cukup alias kurang, berapa taksiran berat bayi saat dilihat saat Ultrasonografi (USG). Sehingga penindakannya bisa dipersiapkan,” terangnya.

Lebih lanjut dr. Novel menerangkan, argumen pembaruan kegawatdaruratan neonatal RSUD Smart Pamekasan dilakukan, lantaran metode nan selama ini digunakan sudah tidak relevan.

“Semakin lama pengetahuan semakin berkembang. Ada perihal nan kudu dilakukan beberapa tahun lalu, namun penelitian menunjukkan, sudah tidak efektif lagi jika dipakai saat ini,” ungkapnya.

Saat ini, papar dr. Novel, jasa dan peralatan penanganan kegawatdaruratan neonatal di RSUD Smart Pamekasan sudah lengkap.

“Pelayanan kunjungan rutin ibu hamil, USG, tempat bayi lahir dan peralatan juga sudah lengkap. Contohnya perangkat bantu pernapasan pada bayi kandas napas, perangkat pendeteksi kelainan bayi nan tidak tampak, seperti kelainan jantung, kami punya perangkat ekokardiografi,” pungkasnya.(fit/faj)

Selengkapnya
Sumber Mediajatim
Mediajatim