Tunggu Balasan Kemendagri RI, Dewan Belum Paripurnakan Usulan Pj Bupati Sampang

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

MADURANEWS.CO, Sampang– Sampai saat ini Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, tetap belum memparipurnakan nama-nama nan bakal diusulkan menjadi Pj Bupati Sampang.

Belum dilaksanakan Paripurna tersebut dikarenakan DPRD Sampang saat ini tetap menunggu surat jawaban dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI mengenai dengan proses pengusulan nama-nama Pj Bupati Sampang.

Sekretaris DPRD Sampang Moh Anwari Abdullah melalui Kepala Bagian (Kabag) Perundang-undangan Sekretariat DPRD Sampang, Ach Taufik mengatakan, bahwa DPRD Sampang sudah menyampaikan ke Kemendagri tertanggal 19 oktober 2023 berangkaian dengan penetapan pemberhentian bupati dan wakil bupati Kabupaten Sampang.

Lebih lanjut, perihal tersebut berangkaian pengumuman akhir masa kedudukan bupati Sampang. Dan disitu menurut Taufik ditegaskan bahwa akhir masa kedudukan bupati Sampang itu berhujung tertanggal 31 desember 2023.

“Kita sudah mengirimkan ke Kemendagri sebagai tindak lanjut dari rapat Paripurna kemarin tentang akhir masa kedudukan bupati,” katanya, (22/11/2023).

Taufik mengungkapkan, bahwa sebelum dirinya di konfirmasi awak media ini mengenai proses Pj Bupati, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan admin aplikasi Sistem Informasi Online Layanan Administrasi (SIOLA). Dari hasil komunikasi tersebut menurut Taufik surat Kemendagri ke DPRD Sampang, saat ini tetap dalam proses. 

Ia juga menjelaskan jika proses pengusulan nama-nama Pj Bupati Sampang oleh DPRD itu, pihaknya bakal mengirimkannya melalui aplikasi SIOLA kepada Kemendagri. Artinya, usulan nama Pj itu baru bisa pihaknya usulkan kepada Kemendagri melalui aplikasi SIOLA setelah turunnya surat dari Kemendagri kepada ketua DPRD Sampang.

“Barusan kami sudah komunikasi dengan adminnya SIOLA di Kemendagri, mempertanyakan surat dari Kemendagri, kaitannya dengan usulan dari DPRD Kabupaten Sampang kepada Kemendagri untuk penetapan usulan Pj-nya, ” ungkapnya. 

“Begitu surat itu terbit dari Kemendagri mengenai dengan usulan Pj, itu bakal kita tindak lanjuti dari ketua DPRD untuk mengusulkan kepada Kemendagri,” imbuhnya. 

Ia juga menuturkan, jika dari hasil rapat ketua DPRD dan ketua fraksi, saat ini sudah ada 3 nama nan bakal diusulkan sebagai Pj Bupati oleh DPRD Sampang. Yakni, Yuliadi Setiyawan nan saat ini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang, Rudi Arifiyanto sebagai Deputi Kebijakan Pembangunan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan terakhir Laily Ulfiyah selaku Direktur Politeknik Negeri Madura (Poltera). 

“Yang bakal diusulkan ke Kemendagri itu tiga. Karena kita punya kesempatan untuk mengusulkan maksimal tiga orang,” tukasnya. (san)

Selengkapnya
Sumber Madura News
Madura News