Tips Memilih Bra Kehamilan, Jangan Hanya Ukuran yang Diperhatikan!

Sedang Trending 7 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bra lebih dari sekadar busana dalam bagi perempuan. Bra berfaedah untuk menutupi dan menopang payudara. Seiring waktu, kreasi dan model bra terus dikembangkan dan dirancang untuk beragam tujuan. Mulai dari membikin kesan ukuran tetek nan lebih besar, lebih indah, lebih kecil, hingga menciptakan kenyamanan.

Saat ini, apalagi sudah ada bra nan unik dirancang untuk ibu hamil. Alasannya, selama kehamilan, Mums mengalami perubahan pada payudara.  Namun, apakah mengganti bra selama kehamilan betul-betul diperlukan? Agar Mums tidak bingung. Kali ini, kita bakal membahas perlukah mengganti bra unik kehamilan?

Perlukah Mengganti Bra Khusus Kehamilan?

Singkatnya, ya. Saat hamil, bukan hanya perut Mums nan membesar, tetek pun ikut membesar. Payudara bakal membesar sejak enam minggu kehamilan. Meskipun beberapa wanita baru mengalami pembesaran tetek pada trimester ketiga.

Selain itu, seiring pertumbuhan payudara, kadar progesteron dan saluran susu juga mengalami peningkatan. Tulang rusuk juga bakal mulai mengembang untuk memberi ruang bagi bayi. Artinya, ukuran cup tetek mengalami peningkatan satu alias dua ukuran selama kehamilan.

Mendapatkan bra nan pas dan dapat disesuaikan bakal membantu menopang tetek dan punggung. Bra bersalin nan baik bakal meregang dan mengakomodasi pertumbuhan payudara.

Pada minggu ke-16, tetek bersiap untuk menyusui dan mengalami banyak perubahan. Ini merupakan saat nan tepat untuk berinvestasi pada bra bersalin. Saat tetek berubah, Mums tentu tidak mau memberikan terlalu banyak tekanan pada tetek dengan bra nan tidak pas.

Yang Perlu Diketahui Tentang Bra Kehamilan

Pada bulan-bulan awal kehamilan, bra dengan kawat dan cup nan kaku dapat menyebabkan saluran tersumbat dan mastitis. Oleh karena itu, krusial untuk mengenakan bra nan nyaman di bulan-bulan akhir kehamilan dan awal menyusui.

Bra mengandung dirancang untuk wanita nan sedang hamil. Bra ini menawarkan lebih banyak support untuk pertumbuhan payudara. Tali pengikatnya juga lebih lembek dan nyaman untuk mengurangi rasa sakit nan mungkin Mums alami. Cup-nya juga lebih lentur dan dapat disesuaikan dengan tubuh seiring dengan perkembangan kehamilan.

Menjelang persalinan, kebanyakan wanita beranjak ke bra menyusui sebagai langkah persiapan menyusui bayi.

Kapan Harus Mulai Membeli Bra Kehamilan?

Belilah bra unik kehamilan segera setelah bra biasa Mums terasa ketat alias tidak nyaman. Bagi banyak ibu hamil, ini mulai dirasakan saat usia kehamilan sekitar enam minggu. Jika saat melepas bra, Mums memandang lekukan di bagian tali dan pengait, tetek tumpah keluar dari cup bra, alias bra terasa terlalu ketat, inilah saatnya membeli nan baru.

Setiap kehamilan berbeda, dan tetek bakal berubah dengan langkah nan unik. Mums mungkin menyadari bahwa ukuran cup terus meningkat sepanjang kehamilan, alias tetek mungkin tumbuh selama trimester pertama dan kemudian tidak bertambah besar lagi hingga beberapa bulan terakhir lantaran produksi ASI mulai meningkat.

Tergantung pada pertumbuhan Mums, Mums mungkin perlu berbelanja bra lebih dari sekali selama kehamilan.

Tips Memilih Bra Kehamilan

Dianjurkan untuk mengukur bra secara ahli dan menggantinya secara teratur. Hal ini sangat krusial selama kehamilan ketika tetek terus mengalami perubahan.

Bagaimana langkah mengetahui apakah bra pas:

  • Seluruh tetek berada di dalam cup bra dan nyaman. Tidak ada jaringan tetek nan menonjol di atas alias di samping.
  • Bagian tengah depan kudu menempel rata dengan tubuh, berapa pun ukuran payudaranya.
  • Tali di bagian bawah kudu terletak secara mendatar di punggung, berada pada tingkat nan sama di belakang dan depan, dan tidak melengkung saat bergerak. Jika dikaitkan, Mums semestinya bisa menarik talinya sekitar satu inci dari badan.
  • Tali pengikat tidak boleh menahan beban payudara. Mereka kudu diletakkan di bahu tanpa terpeleset alias masuk ke dalam. Mereka dapat disesuaikan untuk memastikan kenyamanannya.
  • Saat membeli bra kehamilan, nan terbaik adalah membeli bra nan dapat dipasang dengan nyaman pada pengait nan paling ketat untuk memberikan ruang bagi pertumbuhan lebih lanjut.

Akhir kata, Mums kudu mengganti bra unik saat hamil. Ini krusial untuk menopang penambahan ukuran tetek dan kenyamanan selama hamil.

Sumber:

WebMD.com. What-to-know-about-pregnancy-bras

Babycenter.com. Maternity-and-nursing-bras

 Nct.org.uk. Maternity-bras-and-nursing-bras-what-you-need-know

Selengkapnya
Sumber Gue Sehat
Gue Sehat