Tips Membuat Fried Chicken Kesat Tak Berminyak: Minyak Padat

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Sumenep (beritajatim.com) – Bagi nan suka dengan olahan ‘fried chicken’ tapi kerap sebal dengan hasil gorengan nan berminyak? Ini ada salah satu rahasia nan membikin ayam goreng lebih kriuk, kesat, dan tak berminyak. Coba gunakan minyak goreng padat saat menggoreng ayam.

Minyak goreng padat ini tidak menempel pada ayam alias makanan nan digoreng, sehingga ketika diangkat dari wajan dan ditiriskan, makanan bakal kesat dan tidak lagi berminyak.

Salah satu supplier/manufaktur minyak goreng padat adalah Apical, dengan roduk spesialnya ‘Frybest’, minyak goreng padat berbobot tinggi.

“Frybest ini tidak hanya cocok untuk ‘fried chicken’, tapi juga sangat oke untuk goreng donat. Hasilnya, donat tidak bakal basah oleh minyak. Cantik dan kesat,” kata Market Development Manager Apical Group, George Tjiptamustika, Kamis (19/10/2023).

Ia apalagi menyatakan bahwa ‘frybest’ ini bisa digunakan ulang untuk menggoreng hingga 20 kali, dengan kondisi minyak nan lebih bening dan tanpa kolesterol.

“Kalau minyak goreng biasa, andaikan digunakan menggoreng hingga beberapa kali, minyaknya bakal berubah jadi hitam. Kalau ‘frybest’ ini tidak. Dia minyak goreng padat nan tetap cerah meski digunakan berulang-ulang,” tukasnya.

BACA JUGA:
Apical Dorong UMKM Kuliner di Sumenep Bertumbuh

Karena itu, lanjut George, meski nilai minyak goreng padat ini sedikit lebih mahal dibanding minyak goreng biasa, namun lebih awet lantaran bisa digunakan acapkali dan aman. Minyak goreng padat ini juga tahan dengan suhu nan lebih tinggi dibanding minyak goreng biasa.

“Kalau minyak goreng biasa saat kondisi api sangat panas bakal mengepul asap dari wajan. Nah jika minyak goreng padat ini tidak. Dia aman-aman saja meski kompor kita sudah sangat panas,” ujarnya.

Karena itu, dia menyarankan agar pelaku UMKM nan memproduksi ‘fried chicken’ alias kue donat, mencoba menggoreng produksinya dengan minyak padat ‘frybest’.

“Untuk emak-emak nan suka praktek bikin donat alias ayam goreng di rumah, jugq boleh coba ‘frybest’, agar tahu bedanya,” ucap George.

Apical adalah pengolah minyak nabati terkemuka dengan jejak dunia nan berkembang. Manufatur ‘fat’ berbasis ‘palm’ ini menggelar ‘Kreasi Rasa Bersama Apical’. Demo baking di toko bahan kue ‘Dewi Sri’ Jl. Dr Cipto Sumenep ini diikuti 60 pelaku upaya mikro mini menengah (UMKM) di Madura, khususnya bakery.

BACA JUGA:
Berkendara Patuh Aturan, Dapat Hadiah dari Polres Sumenep

Pada aktivitas tersebut, Apical mendemonstrasikan beragam makanan nan dihasilkan menggunakan beberapa produk Apical, dipandu langsung oleh Technical Baker Apical, Chef Heri Teguh dan Chef Teddy Kosasih.

Selain itu, juga digelar ‘Apical Collaboration’ nan memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk mencoba beragam makanan kreasi dari produk-produk Apical. Salah satunya kue ‘terang bulan’, nan dibuat menggunakan produk lemak fungsional ialah Vitas Cake dan Vitas Butter Oil Substitute (BOS)/Vitas Supreme Margarine.

Beberapa produk Apical diantaranya Medalia Margarine nan sangat cocok digunakan dalam pembuatan roti manis dan cream filing. Ada juga Vitas Cake Margarine/Vitas Supreme nan dapat menjadikan donat juga ‘tiger roll’ menjadi wangi dan lezat. Selain itu juga ada minyak goreng padat berbobot tinggi ialah ‘Frybest’. [tem/beq]


Baca buletin lainnya di Google News alias langsung di laman Indeks


Navigasi pos

Selengkapnya
Sumber Beritajatim
Beritajatim