Temukan Dua Kasus Polio, Dinkes KB Sampang: Keduanya Masih Balita

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

SAMPANG,  koranmadura.com – Polio, poliomyelitis, di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, sekarang menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) setempat, setelah ditemukan adanya dua kasus.

“Kami sudah melakukan rapat koordinasi lintas sektor dan didatangi dari WHO dan Provinsi. Polio ini merupakan penyakit nan luar biasa nan kudu kita tangani dengan baik agar tidak menyebar kepada nan lainnya,” ujar Kepala Dinkes KB Sampang, Abdulloh Najich, Rabu, 10 Januari 2024.

Dikatakan bahwa sudah ada dua kasus polio di Sampang. Salah satunya adalah penduduk nan sekarang berada di Klaten, sementara nan lainnya ditemukan di wilayah Kecamatan Camplong.

“Keduanya tetap berumur di bawah lima tahun (balita, red). Kasus nan di Camplong itu positif bergejala dan lumpuh,” katanya.

Menyikapi temuan tersebut, pihaknya bakal segera melakukan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) pada pertengahan Januari 2024 ini. dan bakal dilakukan serentak se-Jawa Timur.

“Penyakit ini menular melalui vecal oral. Untuk penanganannya tidak perlu diisolasi seperti Covid. Cuman kelak pada proses pembuangan tinjanya nan kudu diperhatikan,”  papar dia, lebih lanjut.

Selebihnya, laki-laki nan berkawan disapa Abdulloh ini mengimbau masyarakat untuk tidak membuang tinja sembarangan, lantaran itu bisa menjadi sumber penyebaran polio.

“Popok, kan, saat ini menggunakan Pampers, dan kami berambisi masyarakat tidak membuangnya secara sembarangan, seperti ke sungai alias tempat lainnya,” tambahnya. (MUHLIS/LIF)

Selengkapnya
Sumber Koranmadura
Koranmadura