Stok Tipis, Harga Cabai Rawit di Sumenep Tembus Rp 90.000

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Sumenep (beritajatim.com) – Harga komoditas cabe di pasar tradisional Sumenep tetap tinggi. Harga cabe rawit bergerak di nomor Rp 90.000 per kg. Sedangkan nilai cabe merah Rp 60.000 per kg.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep, Idham Halil menjelaskan, nilai cabe memang tetap tinggi, lantaran di beberapa sentra penghasil cabai, hasil panen tidak maksimal.

“Akibatnya stok di pasaran ini kan tipis. Sementara kebutuhan konsumen tetap tinggi. Karena itu, nilai cabe jadi mahal. Dan ini terjadi merata nyaris di semua daerah. Bukan hanya Sumenep,” katanya, Senin (27/11/2023).

Sementara untuk nilai komoditas lainnya relatif stabil. Harga beras kualitas premium tetap Rp 13.800 per kg, dan beras kualitas medium alias beras lokal juga stabil Rp 11.750 per kg. “Untuk nilai telur pekan ini juga tidak mengalami perubahan. Telur ayam ras Rp 26.000 per kg, dan telur ayam kampung Rp 48.000 per kg,” papar Idham.

Untuk komoditas daging nilai pekan ini juga stabil. Daging sapi Rp 120.000 per kg, daging ayam broiler Rp 40.000, dan daging ayam kampung Rp 90.000 per kg. “Untuk nilai minyak goreng juga tidak mengalami perubahan. Minyakita per botol 1 liter Rp 15.000. Untuk minyak goreng premium Rp 19.000 per liter,” terangnya.

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sumenep secara rutin melakukan pemantauan nilai sembako di Pasar Anom baru sebagai pasar induk, dan Pasar Bangkal sebagai pembanding. (tem/kun)

BACA JUGA: Polres Sumenep Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina


Baca buletin lainnya di Google News alias langsung di laman Indeks


Selengkapnya
Sumber Beritajatim
Beritajatim