Soroti Jurnalis Dadakan Bermodal ID Card, LPM UNIBA Gelar Seminar Nasional Bersama PWI Jatim

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Jurnalis(Dok. Media Jatim) Foto berbareng pemateri Seminar Nasional LPM Authentic UNIBA Madura berbareng para peserta di Edutorium Jagha Tembha UNIBA Madura, Senin (23/10/2023).

Sumenep, mediajatim.com — Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Authentic Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura menggelar seminar Nasional dengan tema “Hitam Putih Jurnalis di Mata Mahasiswa” di Edutorium Jagha Tembha kampus setempat, Senin (23/10/2023).

Dalam Seminar Nasional ini, datang sebagai narasumber, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Lutfil Hakim.

santri - kemenag sampang

santri - rudy susanto

Ketua Umum LPM Authentic UNIBA Madura, Roby Tri Sulaiman NR mengatakan, seminar ini digelar untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai gimana bumi jurnalistik selama ini bekerja. Pasalnya sekarang banyak wartawan-wartawan dadakan nan hanya bermodal id card.

Melalui aktivitas ini, Roby berharap, mahasiswa bisa membedakan antara wartawan nan mempunyai kompetensi dengan wartawan nan sekadar menulis untuk menakut-nakuti orang.

santri - rsud

santri - uim

“Ini krusial sekali, agar kita tidak mudah terkecoh alias ditipu oleh semacam wartawan gadungan,” ucapnya, Senin (23/10/2023).

Karena wartawan nan seperti itu belum bisa menulis apalagi tidak bisa menciptakan karya tulis nan sesuai konsep 5W + 1H.

santri bappeda

santri - dprkp

“Meraka hanya bermodal id card, tapi tidak mencerminkan seorang wartawan nan menyuarakan kepentingan publik. Bisa dibilang nyaris mirip dengan preman,” paparnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur, Lutfil Hakim mengatakan, saat menjadi narasumber, menjadi seorang wartawan alias wartawan itu kudu mempunyai kepintaran nan tinggi.

Pasalnya, kata laki-laki nan berkawan disapa Cak Item itu, tugas wartawan mengedukasi masyarakat dan mengontrol kebijakan pemerintah melalui tulisannya.

“Menjadi wartawan itu sebenarnya tidak mudah, mereka kudu pandai dan pintar,” ucapnya, Senin (23/10/2023).

Lebih lanjut, Cak Item menerangkan, wartawan itu kudu terus meningkatkan kapabilitas pengetahuannya.

“Dan nan sangat krusial adalah Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Karena itu bagian dari peningkatan kapabilitas keilmuan,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor UNIBA Madura Prof. Rachmad Hidayat melalui Warek II Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama R. Khaeru Ahmadi berambisi LPM Authentic bisa mewadahi para mahasiswa untuk mengembangkan bakatnya dalam bumi jurnalistik.

“Walaupun sekadar mengasah, tapi ini serius. Nanti alumni LPM UNIBA diharapkan menjadi wartawan nan kompeten,” ujarnya kepada mediajatim.com, Senin (23/10/2023)

LPM Authentic itu, kata Heru, kudu terus memberitakan semua aktivitas di UNIBA Madura.

“Karenanya, LPM UNIBA kudu banyak belajar kepada para wartawan senior, belajar kepada media nan berkualitas. Ingat, jika produk tulisan LPM ini jelek, maka kampus tercinta ini citranya bakal menurun,” tandasnya.

Diketahui, aktivitas ini dihadiri oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Anggota Komisi Informasi Sumenep, Rektor Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikosa) Almamater Wartawan (AWS) Surabaya, Rektor dan Wakil Rektor UNIBA serta beberapa organisasi wartawan di Sumenep.(mj21/faj)

Selengkapnya
Sumber Mediajatim
Mediajatim