Silaturahmi Tokoh Agama, Mahfud MD Ingin Guru Ngaji dan Ponpes Sejahtera

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

https: img.okezone.com content 2023 11 26 340 2927429 silaturahmi-tokoh-agama-mahfud-md-ingin-guru-ngaji-dan-ponpes-sejahtera-iPr7MlLU37.jpg Mahfud MD. (Foto: Dok Ist)

PONTIANAK - Menko Polhukam sekaligus Calon Wakil Presiden (Cawapres) nan diusung Partai Perindo, Mahfud MD mengatakan, Hari Guru Nasional menjadi momentum untuk menyatukan komitmen terhadap pembangunan pendidikan.

"Pemerataan pendidikan ini kudu segera dilakukan. Selama ini pendidikan nan bagus terkonsentrasi di Pulau Jawa dan hanya di ibu kota provinsi di luar Jawa," kata Mahfud MD usai menghadiri Silaturahmi Tokoh Madura dan Agama Kalimantan Barat di Rumah Adat Madura, Jalan Selat Panjang, kecamatan Pontianak Utara, Kalimantan Barat, Sabtu (25/11/2023).

BACA JUGA:

Keliling Kalbar, Mahfud MD Ajak Paslon Bertarung Secara Fair di Pilpres 2024 

Selain kualitas pendidikan nan belum merata, lanjut Mahfud, kesejahteraan pembimbing juga tetap memprihatinkan. Banyak pembimbing honorer kerja belasan tahun, gajinya tetap sangat minim.

"Tidak sampai Rp300 ribu. Tetapi mereka bakal tetap mengabdi lantaran bangga menjadi guru. Tapi kita tidak boleh memeras tenaga orang. Kita kudu perjuangkan," ungkap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Kesejahteraan pembimbing dan pemerataan kualitas pendidikan, tegas Mahfud, menjadi salah satu program utama Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud. Bukan hanya pembimbing resmi di sekolah negeri, melainkan juga kesejahteraan pembimbing ngaji, pengasuh pondok pesantren di sekolah-sekolah informal keagamaan.

BACA JUGA:

Didukung Hakka Kalbar, Mahfud MD : Dukungan Adalah Amanat dan Pengikat Batin 

"Ustad-ustad di pesantren hingga marbot masjid. Itu tidak ada nan memikirkan. Kami bakal susun programnya untuk menyentuh mereka," tambahnya.

Selain itu, Mahfud menyatakan, Pemerintah sebenarnya sudah punya instrumen ialah UU Pesantren. Juga penghargaan negara lewat Hari Santri Nasional atas jasa santri dan pondok pesantren nan turut membangun negara ini dengan penuh keikhlasan.

"Pendidikan watak pesantren ialah kejujuran dan kesederhanaan ini kudu terus disebarluaskan. Pemerintah sudah punya payungnya, kelak kita tinggal mengoptimalkannya," pungkas Mahfud.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan buletin up to date dengan semua buletin terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(qlh)

Selengkapnya
Sumber Okezone
Okezone