Santri, Nelayan dan Para Pelaku UMKM Banyuwangi Kompak Dukung Ganjar

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Banyuwangi (beritajatim.com) – Usai melakukan serangkaian kunjungan ke beberapa titik tempat di Banyuwangi, TPN Ganjar optimis bisa memenangi Pemilu 2024 dalam satu putaran. Kunjungan itu dilakukan oleh Deputi Kinetik Teritorial TPN Ganjar Presiden (TPN GP) Komjen Pol (Purn) Luki Hermawan dan Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Jawa Timur Laksamana Madya (Laksdya) TNI (Purn) Agus Setiadji, Senin (27/11/2023).

Kedua Purnawirawan Jenderal Bintang 3 itu pertama kali berjamu ke Ponpes Bustanul Makmur di Jalan Kebunrejo, Genteng, Banyuwangi. Dalam kunjungannya, Luki dan Agus diterima langsung oleh Gus Muhammad Endy Fadlullah putra dari KH Muwafiq Amir beserta para pengajar di Pondok Bustanul Makmur. Di tempat ini, para pengajar menyampaikan aspirasinya untuk kemajuan bagian pendidikan dan kesejahteraan guru.

“Tadi ada program-program nan dititipkan dari ponpes. Terkait dengan program pak Ganjar perihal kesejahteraan Guru Ngaji. Ini salah satu program nan diutamakan pak Ganjar,” ujar Luki saat diwawancarai Beritajatim.com.

Baca Juga: Suporter Loyal Asal Sumenep ini Beri Nama Bayinya Cinta Madura United

Selain menerima aspirasi mengenai kesejahteraan guru, Luki dan Agus juga menerima aspirasi untuk menyediakan danasiwa bagi santri nan mau melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

Luki Hermawan saat berbincang dengan para pengajar dan pengasuh pondok pesantren Bustanul Makmur.Luki Hermawan saat berbincang dengan para pengajar dan pengasuh pondok pesantren Bustanul Makmur.

Kunjungan kedua tetap di lingkungan Pondok Pesantren. Kali ini, di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin milik Gus Turmudzi Moebtadi dan Ning Ayik. Disana tim TPN dan TPD Ganjar diterima meriah. Ada pagelaran UMKM nan menjual beragam makanan dari Banyuwangi. Di Pondok ini, Luki dan Agus terlihat menikmati bercengkrama dengan masyarakat sekitar. TPN Ganjar Pranowo pun menerima simbolis penyerahan 15 ribu bunyi untuk memenangkan Ganjar dan Mahfud MD di Pemilu 2024.

“Dengan penyerahan ini, Pak ketua TPD provinsi lebih mudah menggerakan tim dari wilayah untuk maintenance orang-orang nan memberikan support di tahun 2024,” kata Luki.

Namun, support 15 ribu bunyi itu bisa bertambah hingga 25 ribu suara. Ning Ayik memastikan bahwa dia dan organisasi UMKM Cendol Dawet bakal bekerja keras memenuhi sasaran bunyi untuk memenangkan Ganjar Pranowo menjadi Presiden di 2024.

Baca Juga: Besok Masa Kampanye, Bawaslu Kabupaten Mojokerto Terjunkan Ratusan Pengawas

“Saat ini saya ditarget 25 ribu bunyi untuk Pak Ganjar. Saya ya kaget. Namun saya siap menangkan Ganjar-Mahfud,” kata Ning Ayik disambut tepuk tangan dari para pendukung Ganjar.

Usai dari Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allim, tim TPN dan TPD Ganjar bergeser ke Ponpes Mamba’ul Huda di kecamatan Tegalsari, Banyuwangi. Disana para pengasuh pondok sempat berbincang singkat dengan Luki dan Agus. Setelah selesai, Luki dan Agus menyempatkan diri untuk menyapa para santri dan berdialog.

Tujuan terakhir dari Tim TPN dan TPD Ganjar saat safari di Banyuwangi adalah golongan nelayan di wilayah pantai Plengsengan Boom, Banyuwangi. Disana mereka berjumpa dengan 300 perwakilan nelayan. Awalnya, ada 3000 nelayan nan hendak berjumpa langsung dengan Luki dan Agus, namun lantaran keterbatasan tempat dan waktu, jumlah ribuan nelayan itu tidak bisa direalisasikan.

Dari para nelayan, Luki dan Agus kembaki mendapatkan aspirasi mengenai susahnya mencari solar, mahalnya biaya untuk melaut, hingga kesejahteraan dasar nan belum tercukupi. Para nelayan lantas berambisi agar pasangan Ganjar dan Mahfud MD ketika memenangi pemilu bisa lebih memperhatikan nasib nelayan.

Menjawab keluhan nelayan, Luki Hermawan menjelaskan bahwa selama ini Ganjar Pranowo telah mensosialisasikan program biru. Program biru adalah sebuah upaya dari Ganjar dan Mahfud MD untuk mendorong pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) dari kelautan nan hanya mencapai nomor 7,6% selama pemerintahan Jokowi. Padahal, 77% wilayah Indonesia adalah lautan.

Baca Juga: Ketua TPN Ganjar-Mahfud: Pilpres Tidak Hanya Bertarung dengan Paslon, Tapi Juga Kezaliman

“Begitu pula masalah asuransi untuk para nelayan. Karena nelayan ini luar biasa menghadapi ancaman di laut andaikan musim penghujan dan suasana tidak menentu. Makanya pak Ganjar dan pak Mahfud mengangkat program-program prioritas untuk mensejahterakan Nelayan,” tegas Luki.

Dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Luki Hermawan memandang bahwa Ganjar-Mahfud MD begitu dicintai rakyat. Walaupun iklan Ganjar-Mahfud tidak sebanyak pasangan lain, dia meyakini bahwa masyarakat sudah jatuh hati dengan Ganjar.

“Selalu ada pilihan di hati. Gunakan hati nurani untuk memilih pemimpin negeri ini. Saya percaya di hati masyarakat ada Ganjar dan Mahfud. Insyaallah bisa menang satu putaran,” tutur Luki.

Dengan rasa cinta dan antusiasme masyarakat, Ketua TPD Jatim, Agus Setiadji optimis pihaknya bisa memaksimalkan pendukung hingga Ganjar menang dalam satu putaran. Pun jika tidak menang dalam satu putaran, TPD Jatim tetap berupaya maksimal.

“Karena terus terang setelah kami datangi masyarakat bahwa support kepada Pak Ganjar dan Pak Mahfud tinggi sekali,” pungkas Agus. (ang/ian)


Baca buletin lainnya di Google News alias langsung di laman Indeks


Selengkapnya
Sumber Beritajatim
Beritajatim