RSUD Smart Pamekasan Jadi Rujukan Code Stroke di Madura

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
RSUD Smart Pamekasan(Dok. Media Jatim) Dokter ahli saraf RSUD Smart Pamekasan dr. Fairus, pelopor jasa Code Stroke dan Trombolitik pertama dan satu-satunya di Madura.

Pamekasan, mediajatim.com – Angka penderita strok cukup tinggi, bahkan, trennya meningkat dari waktu ke waktu di Pamekasan.

Dilatarbelakangi nomor penderita strok inilah akhirnya master ahli saraf RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan dr. Fairus menciptakan jasa Code Stroke dan Trombolitik pertama dan satu-satunya di Madura pada 2022.

dr. Fairus mengatakan, jasa tersebut merupakan capaian besarnya selama ini. “Bisa membentuk tim code stroke dan trombolitik pertama dan satu-satunya di Madura,” ungkapnya, Kamis (4/1/2024).

Layanan ini, kata Fairus, didukung teamwork dari teman-teman di IGD, perawat, staf laboratorium dan radiologi. “Sehingga RS Smart ini menjadi rumah sakit rujukan code stroke,” sambung master ahli saraf itu.

Untuk menciptakan jasa strok nan bagus, lanjut dr. Fairus, tidak murah. Butuh investasi besar di awal. Lebih besar dibandingkan dengan nominal perawatan nan dikeluarkan.

“Strok memang menjadi perhatian nasional, lantaran konsekuensinya jika tidak meninggal, ya, lumpuh alias cacat. Kalau cacat, beban negara lebih besar. Tidak bekerja, pensiun dini, rehab dan obatnya mahal,” terangnya.

dr. Fairus juga mengatakan bahwa penyakit saraf nan seringkali dia temui selain strok adalah jangkitan otak alias meningitis dan epilepsi.

“Yang paling sering saya temui jangkitan otak pada anak muda, biasanya anak pondokan nan juga ada penyakit lainnya seperti TBC. Penyebab pokoknya daya tahan tubuh nan rendah. Mungkin lantaran kecapean, telat makan, rehat kurang, dan tidak terdeteksi sebelumnya,” paparnya.

dr. Fairuz berambisi semoga dengan jasa nan disediakan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit saraf apa pun jenisnya.

“Karena jika dulu hambatannya di biaya tapi sekarang serba dipermudah, ada BPJS dan UHC. Jadi tidak ada argumen tidak berobat jika sakit,” tuturnya.

Untuk diketahui, Code Stroke merupakan penatalaksanaan alias upaya penanganan pada kedaruratan strok dengan indikasi kurang dari tiga jam. Salah satunya melakukan ct-scan untuk mengetahui penyebab strok.

Sementara trombolitik suatu upaya pemberian obat medis ketika ditemukan adanya sumbatan pembuluh darah nan menyebabkan strok, sehingga, mengurangi kemungkinan kecacatan pada pasien.(fit/ky)

Selengkapnya
Sumber Mediajatim
Mediajatim