PT PII Lakukan Penjaminan Proyek Tol JORR Elevated Cikunir – Ulujami

Sedang Trending 7 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

JAKARTA, Koranmadura.com – Salah satu Special Mission Vehicles (SMV) Kementerian Keuangan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) / PT PII kembali melakukan penjaminan atas proyek prasarana sektor jalan dengan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Kali ini melalui proyek jalan tol JORR Elevated Cikunir – Ulujami nan berlokasi di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Komitmen PT PII dalam proyek ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan beberapa Perjanjian Kerja Sama oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama, Direktur Utama PT PII M Wahid Sutopo selaku penyedia penjaminan pemerintah, dan Direktur Utama PT Jakarta Metro Ekspressway Omar Dani Hassan selaku Badan Usaha Jalan Tol di Kementerian PUPR, Selasa (17/10/2023).

Sutopo mengatakan, dengan telah ditandatanganinya perjanjian penjaminan dan perjanjian regres pada proyek tersebut, maka PT PII selaku SMV Kemenkeu bakal memberikan penjaminan nan mencakup akibat keterlambatan pengadaan tanah, akibat keterlambatan penyesuaian tarif, akibat politik temporer dan akibat politik permanen.

Penjaminan nan diberikan oleh PT PII tersebut dimaksudkan untuk memberikan kepastian dan kenyamanan bagi penanammodal dalam berinvestasi pada proyek Jalan Tol tersebut.

“Skema KPBU nan merupakan bagian dari Innovative Financing nan kami dukung pada proyek jalan tol ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan prasarana jalan nan saat ini sangat dibutuhkan sehingga bakal meningkatkan akibat positif nan dirasakan masyarakat, salah satunya dengan kelancaran lampau lintas sehingga mobilitas dan pengedaran di masyarakat lebih optimal serta akibat ekonomi pun meningkat”, kata Sutopo, seperti dilansir kemenkeu,go.id.

Sutopo juga menambahkan bahwa penandatanganan hari ini merupakan penandatanganan penjaminan proyek Jalan Tol kedua PT PII di tahun 2023 setelah kami telah memberikan penjaminan pada proyek Jalan Tol Akses Patimban di awal 2023 lalu.

“Komitmen PT PII untuk terus mendorong skema pembiayaan inovatif bakal terus dijalankan, utamanya untuk membantu beban APBN. PT PII juga secara terbuka senantiasa mendukung Kementerian PUPR, kementerian-kementerian lain maupun Pemerintah Daerah nan bakal mengembangkan proyek skema KPBU”, tambah Sutopo.

Untuk diketahui, proyek Jalan Tol JORR Elevated Cikunir – Ulujami sepanjang 21,44 km dengan nilai investasi sebesar Rp 21,25 Triliun ini dibangun bermaksud untuk meningkatkan kapasitas, mengurangi kemacetan dan waktu tempuh di JORR-1, serta meningkatkan tingkat pelayanan jalan, menyediakan rute pengganti untuk perjalanan jarak jauh, dan memperkuat jaringan jalan tol di Jabodetabek. (Kunjana)

Selengkapnya
Sumber Koranmadura
Koranmadura