Prabowo - Gibran Deklarasi dan Daftar KPU Pagi Ini, Cek Pengalihan Arus Lalu Lintas di GBK dan KPU

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Liputan6.com, Jakarta Kondisi lampau lintas di area Gelora Bung Karno dan KPU bakal dipenuhi oleh massa dari pasangan Prabowo-Gibran. Kedua pasangan capres cawapres tersebut bakal melakukan deklarasi dan mendaftar di KPU pada hari ini, Rabu (25/10/2023). 

Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bakal mendaftar ke KPU pada pukul 10.00 WIB.

"Pasangan capres-cawapres dari KIM ialah bapak Prabowo Subianto dengan mas Gibran Rakabuming Raka nan rencananya bakal mendaftar ke KPU dalam 17 jam mendatang sejak sekarang, besok hari Rabu jam 10 pagi di instansi KPU Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat," ujar Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Sriwijaya, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2023).

Sebelum menuju KPU, pasangan capres dan cawapres itu bakal deklarasi di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Mereka bakal memulai perjalanan dari kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta.

"Keberangkatan calon presiden dan calon wakil presiden besok dari Kertanegara rencananya bakal berangkat pagi menuju Indonesia Arena disertai oleh para ketua umum dari seluruh Koalisi Indonesia Maju," kata Muzani.  

Muzani menyampaikan Prabowo-Gibran akan menyampaikan pidato pertama kali di hadapan para pendukung. 

Selanjutknya paslon bakal ke Taman Suropati untuk melakukan kirab budaya dan dilanjut melangkah kaki untuk mendaftar di KPU. 

"Dari sana, bakal berangkat menuju Taman Suropati, dan bakal diiringi dengan kirab budaya nan bakal mewakili kesenian nan ada dari seluruh Indonesia, termasuk baju dan busana budaya dari beragam macam wilayah di seluruh indonesia. Dari sana kemudian menuju kantor KPU dan insya Allah mendaftar," katanya.

Ditlantas Polda Metro Jaya pun telah menyiapkan beragam skema arus pengalihan lampau lintas nan menuju sekitar area Senayan, dan sejumlah ruas jalan menuju KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

"Menjamin Kamseltibcar Lantas nan kondusif dan nyaman bagi penduduk masyarakat nan bakal melintas objek kegiatan-kegiatan deklarasi paslon Prabowo dan Gibran," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dalam keteranganya, Selasa (24/10/2023).

Latif Usman menerangkan, skenario arus lampau lintas guna menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lampau lintas. Total 140 personel Ditlantas Polda Metro Jaya dan Satlantas Polres dikerahkan ke lokasi.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

Pengalihan arus lampau lintas di GBK:

1. Arus lampau lintas dari arah Jalan Gatot Subroto nan bakal menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi.

2. Arus lampau lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada nan menuju layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

3. Arus lampau lintas dari arah Bundaran Senayan nan bakal menuju Jalan Pintu 1 Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi.

4. Arus lampau lintas dari arah Jalan Mustopo nan menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

5. Arus lampau lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 nan bakal menuju ke arah Jalan Asia Afrika di belokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar.

6. Arus lampau lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar nan bakal menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau.

7. Arus lampau lintas dari arah Manggala Wanabakti nan bakal menuju Jalan Gelora diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.

Pengalihan arus menuju KPU:

1. Kendaraan nan datang dari arah bulatan HI nan bakal menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan.

2. Kendaraan nan datang dari arah Jalan H Agus Salim nan bakal menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan alias belok ke kanan ke arah Bundaran HI.

3. Kendaraan nan datang dari arah Jalan Rasuna Said nan bakal menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Hos Cokroaminoto alias belok ke kanan ke Jalan Diponegoro.

4. Kendaraan nan datang dari arah Jalan Diponegoro nan bakal menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan Hos Cokroaminoto.

Jokowi Izinkan Gibran Maju Pilpres 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengizinkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

Gibran diketahui bakal mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto pada Rabu, 25 Oktober 2023.

"Presiden melalui surat Menteri Sekretaris Negara tertanggal 24 Oktober 2023 telah menyetujui permohonan izin Walikota Solo untuk diajukan sebagai cawapres oleh campuran parpol," jelas Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

"Persetujuan ini dikeluarkan sebagai jawaban permohonan Wali Kota Solo nan diajukan melalui surat tertanggal 23 Oktober 2023," sambungnya.

Gibran Ajukan Cuti

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengajukan izin kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) 2024.

Surat permohonan izin itu diserahkan Gibran melalui Kementerian Sekretariat Negara pada Selasa (24/10/2023).

"Pada hari ini, Selasa tanggal 24 Oktober 2023, Kementerian Sekretariat Negara telah menerima surat permohonan izin dari Walikota Surakarta, Mas Gibran Rakabuming Raka kepada Presiden RI, untuk dicalonkan oleh partai politik alias campuran partai politik sebagai Calon Wakil Presiden pada Pemilu Presiden dan Wapres tahun 2024," jelas Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Putra sulung Presiden Jokowi itu diumumkan menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Pasangan Gibran-Prabowo diusung oleh campuran partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) nan terdiri dari, Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PBB, PSI, Partai Garuda, dan Partai Gelora. 

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Selengkapnya
Sumber Liputan6
Liputan6