Pentingnya Quality Time Anak dan Ayah

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Merawat dan membesarkan anak bukan perihal nan mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan partisipasi aktif Mums dan Dads dalam merawat si Kecil. Quality time berbareng Dads tidak kalah krusial dengan quality time berbareng Mums untuk si Kecil. 

Kalau Dads tidak bisa memberikan waktu nan cukup untuk si Kecil, maka bisa berakibat negatif pada hubungan berbareng anak. Oleh karena itu, sebisa mungkin kudu menyisihkan waktu untuk bermain berbareng si Kecil ya, Dads. Lalu, apa sih pentingnya quality time anak dan ayah?

Baca juga: Mums, Kenali Penyebab Sakit Gigi pada Balita dan Cara Mengatasinya

Mungkin susah bagi Dads untuk menyisihkan waktu di tengah kesibukan bekerja untuk bermain dengan si Kecil. Namun, jika diusahakan bisa kok Dads, meskipun hanya sebentar, waktu bermain dengan si Kecil itu sangat berharga.

Baca juga: Polusi Udara Memperburuk Alergi pada Anak, Berikut Cara Perlindungannya!

Menghilangkan Sifat Buruk pada Anak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika ayah tidak menyisihkan waktu nan cukup di rumah, anak condong lebih mudah berperilaku agresif, tertutup, dan mempunyai kebiasaan tidak baik. Sementara itu, jika Dads menghabiskan lebih banyak waktu di ruhttps://www.guesehat.com/ide-hadiah-untuk-ulangtahun-pernikahan-berkesan-tak-harus-mahalmah, anak condong lebih terkontrol emosinya dan terbuka, sehingga mendukung tumbuhnya perilaku baik pada anak. 

Anak Memiliki Nilai Akademik nan Lebih Baik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika ayah menghabiskan quality time di rumah, anak condong mempunyai nilai dan performa akademik nan baik di sekolah. Oleh karena itu, krusial bagi Dads untuk sebisa mungkin menyisihkan waktu tinggal di rumah untuk bermain dengan si Kecil dan mendampinginya ketika belajar.  

Menurut penelitian, jika ayah membantu anaknya belajar dan mengerjakan PR alias pekerjaan rumah, prospek kesuksesannya di sekolah condong meningkat secara signifikan. Anak-anak nan sering menghabiskan waktu dengan ayahnya condong mempunyai prestasi nan lebih baik. Jadi, mulai sekarang sering-sering menghabiskan waktu berbareng anak ya, Dads!

Baca juga: Aktivitas Meningkat Selama Libur Sekolah, Tetap Jaga Kekebalan Tubuh Si Kecil

Berdampak Positif pada Anak

Jika ayah menghabiskan waktu nan cukup di rumah, biasanya akibat terjadinya perselisihan suami istri juga condong kecil. Hal ini mendukung pernikahan dan hubungan domestik menjadi lebih harmoni, sesrta meningkatkan kebahagiaan di dalam keluarga. 

Sementara itu, jika sosok kehadiran ayah seringkali jarang ada di rumah dan jarang terlibat dalam urusan keluarga, maka bisa mengganggu kedamaian di dalam rumah. Hal ini pastinya bakal berakibat negatif pada anak juga. Jadi, krusial bagi Dads untuk menyisihkan quality time nan cukup dengan si Kecil, untuk memastikan hubungan antara setiap personil family juga positif. 

Perlu ditekankan lagi bahwa merawat dan membesarkan anak merupakan tugas nan tidak mudah dan memerlukan upaya Dads maupun Mums sebagai orang tua. Dads kudu ingat, bahwa menyisihkan quality time dengan anak itu merupakan tugas nan krusial bagi seorang ayah. Dads kudu ikut serta membantu Mums dalam mengurus dan merawat si Kecil sehari-hari. Hal ini mendukung tumbuhnya hubungan sehat antara Mums, Dads, dan anak-anak. 

Sumber:

Wobblywalk. Why it's important for fathers to spend quality time with their kids?. Juni 2022.
Fathers.com. How to Have Quality Time with Your Kids. Agustus 2021.
Good News Network. Spending Quality Time With Dad ‘Helps Young Children Do Better at School’. Juni 2022.
National Library of Medicine. Father Involvement and Father-Child Relationship Quality: An Intergenerational Perspective. Maret 2013.

Selengkapnya
Sumber Gue Sehat
Gue Sehat