Pemprov Rencanakan Penambahan Rute Bus Transjatim ke Bangkalan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bangkalan, mediajatim.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) berencana menambah koridor jasa bus Transjatim ke Bangkalan pada tahun 2024.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, jasa bus Transjatim bakal ditambahkan pada dua koridor, ialah Koridor IV Terminal Bunder Gresik-Paciran, Lamongan 20 bus, Koridor V Surabaya-Bangkalan 20 bus.

“Perluasan ini kami lakukan lantaran jasa bus Transjatim sejak diluncurkan langsung disambut antusias oleh masyarakat, sehingga banyak sekali nan menginginkan jasa pikulan ini bisa diperluas,” kata Khofifah, Selasa (9/1/2024).

Penambahan koridor Surabaya-Bangkalan juga dirasa perlu lantaran akses pikulan umum tetap dibutuhkan masyarakat Kota Salak.

“Masing-masing ditambah 20 bus, dengan tambahan tersebut total koridor rute jasa bus Transjatim sudah ada lima,” tuturnya.

Kepala Seksi Angkutan Umum Dinas Perhubungan (Dishub) Bangkalan Ahmat Rupawansyah mengatakan, koordinasi mengenai tambahan koridor bus Transjatim sudah dibicarakan dengan pemerintah daerah.

Tetapi, kata Wawan, pemerintah wilayah hanya diminta menentukan rute dan melakukan sosialisasi.

“Soal operasional dan keputusan penambahan tersebut semuanya dari Pemprov Jatim, kami hanya menerima dan diminta sosialisasi saja,” ungkapnya, Kamis (11/1/2024).

Mengenai rute nan bakal diambil, Pemprov memilih rute Suramadu-Labang-Telang-Socah-Bangkalan.

Sedangkan pemerintah Bangkalan dan masyarakat berambisi bus Transjatim tetap melalui rute utama Suramadu-Tangkel-Burneh-Bangkalan.

“Rute nan kami usulkan ini rute utama, banyak masyarakat nan biasanya menunggu dan membutuhkan, sedangkan rute nan dipilih pemprov memang jaraknya lebih dekat,” bebernya.

Tambahan jasa bus Transjatim ke Bangkalan, sambung Wawan, bakal menjadi solusi bagi masyarakat nan selama ini kesulitan mendapatkan jasa pikulan umum karena banyak bus tidak transit ke Bangkalan.

“Saya saja sering kebingungan mendapatkan pikulan umum nan bisa membawa saya ke Tangkel-Surabaya, jikalau ada tarifnya mahal,” pungkasnya.(hel/ky)

Selengkapnya
Sumber Mediajatim
Mediajatim