Menuju Kota Industri Berbasis Agraris, KIP-Prabowo Jember Bergerak Menang

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya (beritajatim.com) – Kabupaten Jember dikenal sebagai kota industri agraris, lantaran mempunyai banyak area perkebunan nan sebagian besar peninggalan Belanda. Perkebunan nan ada dikelola oleh Perusahaan nasional PTP Nusantara, Tarutama Nusantara (TTN), dan Perusahaan wilayah ialah PDP (Perusahaan Daerah Perkebunan) dan Perkebunan Rakyat.

Fandi Utomo, Penasihat Komite Independen Pemenangan (KIP-Prabowo) menjelaskan, Kabupaten Jember terkenal sebagai salah satu wilayah penghasil tembakau utama di Indonesia. Tembakau Jember adalah tembakau nan digunakan sebagai lapisan luar/kulit cerutu.

“Di pasaran bumi tembakau Jember sangat dikenal di Jerman dan Belanda,” ujarnya dalam deklarasi KIP Prabowo di Kabupaten Jember.

Selain itu, kata Fandi, wilayah Jember juga menghasilkan komoditi pangan seperti padi, jagung, ketela pohon, ketela rambat, kacang tanah, kacang hijau, kedelai, umbu-umbian, sayur-sayuran dan buah-buahan. Pada sektor perkebunan mencakup perkebunana kopi, kakao, tebu dan tembakau.

Baca Juga: Banyak Petani Modern nan Sukses, Bappenas Belajar ke Banyuwangi

Fandi Utomo menyatakan, dengan kekayaan alam nan dimiliki Kabupaten Jember menjadikan wilayah ini berkesempatan menjadi kota industri berbasis agraris. Kondisi geografis Jember sangat subur nan menyebabkan komoditi perkebunan dan pertanian dapat tumbuh dengan baik.

Dia menjealskan, Kota Industri berbasis agraris dalam program kerja capres-cawapres nomer urut 2 adalah perihal utama dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi negara, kepastian keberlanjutan dan pelestarian lingkungan hidup menjadi prioritas utama untuk menjamin generasi mendatang dapat hidup sehat dan nyaman.

Fandi Utomo menegaskan dalam program kerja paslon Prabowo-Gibran, percepatan pencapaian komitmen terhadap sasaran pembangunan berkepanjangan termasuk sasaran Net Zero emisi dari Gas Rumah Kaca (GRK) dan mengupayakan penurunan jejak karbon (carbon footprint) serta jejak air (water footprint) untuk beragam produk.

Baca Juga: Bupati Mojokerto Launching Aplikasi ‘Siap Ramah’ Milik RSUD Prof dr Soekandar

“Selain itu, pemanfaatan bioplastik dalam kehidupan sehari-hari perlu diupayakan sesegera mungkin,” ungkapnya.

Menurut Fandi, banyaknya area perkebunan di Jember bakal merevitalisasi dan membangun sebagian besar rimba rusak dan tidak termanfaatkan menjadi lahan produktif untuk aren, ubi kayu, ubi jalar, sagu, sorghum, kelapa, dan bahan baku bioetanol lainnya dengan sistem tumpang sari untuk mendukung pencapaian kedaulatan daya nasional dan menciptakan jutaan lapangan kerja baru dan peningkatan ekonomi masyarakat Jember, termasuk merehabilitasi rimba rusak menjadi rimba alam, Hutan Tanaman Industri (HTI), dan rimba produksi dengan menerapkan skema PPPP (Public Private People Partnership) dimana faedah terbesar bakal dirasakan oleh masyarakat.

Selain merehabilitasi perkebunan, rimba alam, Prabowo-Gibran juga melindungi keanekaragaman hayati tanaman dan hewan berasas kearifan lokal sebagai bagian dari aset bangsa. Prabowo juga mengembangkan ekosistem nan terus mengakselerasi pemanfaatan dan pengembangan sumber daya alam nan berangkaian dengan carbon sink dan carbon offset untuk mengakselerasi sasaran net zero emission dan memanfaatkan kesempatan dari ekonomi hijau.

“Melanjutkan program biodiesel dan bio-avtur dari kelapa sawit dan mengembangkan bioetanol dari singkong dan tebu, sekaligus menuju kemandirian komoditas gula,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua KIP Kabupaten Jember, Wigit Prayitno menyatakan support dan pilihan kepada Prabowo-Gibran untuk Indonesia Maju. Karenanya, dia membujuk membulatkan tekad untuk memenangkan Prabowo-Gibran dalam satu putaran. Karenanya, pihaknya

“Prabowo-Gibran menang, Indonesia makin makmur, adil, sejahtera, berdiri di atas kaki sendiri. Prabowo-Gibran menang satu putaran,” ujarnya saat memimpin deklarasi KIP Prabowo-Gibran Kabupaten Jember.

Wigit Prayitno mengaku bakal bekerja keras untuk memenangkan Prabowo-Gibran. Pembentukan koordinator kecamatan (koorcam) dan koordinator desa (kordes) sampai pada tingkat RT/RW absolut dilakukan.

“Kami kerja keras untuk memenangkan Pak Prabowo-Gibran, saya lihat beliau orangnya tulus melakukan untuk negara nan dicintainya,” ujarnya

Wigit menegaskan, banyak pihak nan menginginkan Prabowo-Gibran memimpin Indonesia. Karenanya, KIP Jember siap memenangkan dan mengawal bunyi paslon nomor urut 2 tersebut agar tetap utuh.

Baca Juga: Kowarteg Ganjar Doa Bersama Bareng Kiai Kampung di Madura

Koordinator Wilayah KIP Tapal Kuda, Yunus Darmanto memandang, dengan melakukan aktivitas rehabilitasi rimba dan lahan dapat menjaga kelestarian rimba terutama bagi wilayah nan sering terjadi musibah tanah longsor, salah satunya dengan tidak melakukan pembalakan pohon.

“Maka krusial sekali melakukan itu, Prabowo-Gibran sangat tahu apa nan perlu dilakukan untuk rimba Indonesia agar berakibat positif bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat,” jelasnya. (tok/ian)


Baca buletin lainnya di Google News alias langsung di laman Indeks


Selengkapnya
Sumber Beritajatim
Beritajatim
↑