Mengenal Dhun Adhun, Kuliner Legendaris Khas Sampang Daerah Asal Mahfud MD

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD resmi ditetapkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari Ganjar Pranowo.

Hal itu diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu pagi kemarin.

Mahfud MD diketahui berasal dari Madura. Memiliki nama komplit Mohammad Mahfud Mahmodin, Ia lahir pada 13 Mei 1957 di Sampang, Madura. Pulau nan dikenal sebagai penghasil garam itu mempunyai makanan unik asal daerahnya, Sampang, Madura.

Rasanya kurang pas jika pergi ke Sampang, Madura dan tidak mencicipi masakan lezat unik Sampang. Selain aromanya harum, masakan ini juga lezat sekali.

Dhun Adhun adalah hidangan unik Sampang Madura nan tak lekang oleh waktu. Hidangan ini berisi lontong alias ketupat dan ditambah dengan ayam, namun bisa juga diganti dengan daging lainnya.

Sedangkan kuahnya terbuat dari santan nan dicampur bumbu. Rempah-rempah seperti lengkuas, ketumbar, merica, bawang merah dan bawang putih, lampau taburi tepung maizena nan ditumbuk halus.

Dhun Adhun merupakan salah satu kuliner unik Sampang lantaran makanan serupa tidak ada di wilayah lain. Meski sudah banyak bermunculan kuliner modern, Dhun Adhun tetap mendapat tempat dan hati masyarakat Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Dhun Adhun

(Foto: Cookpad)

Konon kuliner ini sudah menjadi tren dan apalagi masyarakat Sampang pun tidak bisa sarapan tanpa Dhun Adhun. Seiring berjalannya waktu dan munculnya kuliner modern, Dhun Adhun nyaris terlupakan.

Namun Dhun Adhun tetap membekas di hati masyarakat, terbukti permintaan masyarakat terhadap Dhun Adhun cukup tinggi dan tetap banyak penjual Dhun Adhun nan merasa penjualannya laku manis.

Beberapa pedagang nan konsentrasi menjual Dhun Adhun dan mempunyai pengguna tetap bisa ditemukan di Jalan Permata, Terate, Hasyim As'ari, Wachid Hasyim serta Pasar Tradisional Rongtengah dan Pasar Srimangunan.

Imah (60) penjual Dhun Adhun di Jalan Terate merupakan salah satu pedagang nan selain mempunyai banyak pengguna juga banyak dicari oleh masyarakat Sampang. Setiap sehabis salat subuh, Imah dibantu kerabat dan keluarganya untuk membuka toko, sekitar pukul 06.00 WIB peralatan dagangannya sudah lenyap terjual.

Follow Berita Okezone di Google News

Selengkapnya
Sumber Okezone
Okezone