Mahfud MD Jadi Orang Madura Pertama Sejak Indonesia Merdeka yang Bertarung di Pilpres

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

JAKARTA, Koranmadura.com – Penunjukan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjadi calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Ganjar Pranowo menciptakan sejarah baru baik bagi Mahfud MD sendiri maupun untuk tanah kelahirannya, Madura.

Pasalnya, Mahfud MD adalah orang Madura pertama sepanjang sejarah Indonesia nan berkompetisi di Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) Indonesia sebagai Cawapres.

Sebelumnya, tidak ada satu tokoh asal Madura pun nan bisa ikut dalam kontestasi Pilpres, terutama sejak era pemilu langsung.

Sehubungan dengan itu, semua orang Madura diharapkan berasosiasi dan bergotong royong mendukung dan memenangkan Mahfud MD berbareng pasangan Capres-nya Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 nanti.

Mahfud MD adalah laki-laki kelahiran Sampang, Madura pada 13 Mei 1957. Mahfud MD menikah dengan Zaizatun Nihayati pada 1982.

Dari pernikahan ini lahir tiga orang anak ialah Vina Amalia, Mohammad Ikhwan Zein, dan Royhan Akbar.

Selain sebagai politisi, Mahfud MD adalah seorang intelektual nan sangat disegani di Indonesia.

Mahfud MD adalah mahir norma Tata Negara dan bergelar guru besar di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Sebagai mahir norma Tata Negara, Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Dan, selama menjadi Ketua MK, Mahfud MD sangat tegas dan tidak pernah kenal kompromi.

Selain pernah memimpin MK, Mahfud MD pernah juga menjadi personil DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ia juga sudah malang melintang di bumi pemerintahan. Dia pernah menjadi Menteri Pertahanan era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan sekarang menjadi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) pada periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi.

Mahfud MD diumumkan sebagai Cawapres pendamping Ganjar Pranowo di instansi DPP PDI Perjuangan Jakarta pada Rabu 18 Oktober 2023 oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Dia didampingi oleh Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. (Sander)

Selengkapnya
Sumber Koranmadura
Koranmadura