Mahfud MD; Akademisi, Penulis, Hakim hingga Politisi

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Pamekasan (beritajatim.com) – Sosok Mahfud MD kembali menjadi perbincangan hangat pasca ditetapkan sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres), mendampingi Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Penetapan Mahfud MD sebagai Cawapres dari Ganjar Pranowo, diumumkan langsung oleh Megawati Soekarnoputri dalam Deklarasi Capres dan Cawapres di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jl Diponegoro 58 Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Pria dengan nama komplit Muhammad Mahfud merupakan putra dari Mahmodin (ayah) dan Siti Khadijah (ibu), lahir di Sampang (Madura) pada 13 Mei 1957. Selanjutnya nama Sang Ayah, melekat pada namanya dengan akronim MD dan membuatnya dikenal dengan nama Mahfud MD.

Selama ini Mahfud MD dikenal sebagai sosok multitalenta dengan beragam status dan jabatan, mulai dari akademisi, penulis, pengadil hingga politisi. Bahkan saat ini dia juga tercatat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolkam) Republik Indonesia pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Mahfud MD Bacawapres Ganjar, HT: Cocok Bawa Indonesia Emas

Masa awal pendidikan Mahfud MD diawali di salah satu sekolah dasar negeri di Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Sekalipun dia lahir di Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.

Saat bersamaan, dia juga mengenyam pendidikan kepercayaan di Madrasah Diniyah (MD) Pondok Pesantren Al-Mardiyah, Tagangser Laok, Waru, Pamekasan. Selanjutnya dia melanjutkan ke jenjang menengah pertama di Pendidikan Guru Agama Negeri di Pamekasan, dilanjutkan ke Madrasah Aliyah di Yogyakarta.

Pada jenjang pendidikan tinggi, Mahfud MD melanjutkan kuliah di dua Perguruan Tinggi berbeda dalam waktu berbarengan di Yogyakarta, ialah di Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Islam Indonesia (UII).

Setelah menyandang status sarjana, dia mengajar di alamamaternya (UII) sembari meneruskan kuliah program magister bagian Ilmu Politik hingga program doktoral bagian Ilmu Hukum Tata Negera di UGM. Bahkan dalam waktu relatif singkat, dia dinobatkan sebagai Guru Besar bagian Hukum Tata Negera.

Baca Juga: PDIP Tetapkan Mahfud MD Dampingi Ganjar, Pakar Unair : Pilihan Cerdas!

Sebagai seorang profesor, Mahfud MD aktif mengajar di 18 universitas nan tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan saat itu, dia juga aktif menulis kolom di beragam media massa hingga menerbitkan banyak buku.

Bahkan pada saat itu, dia juga tercatat sebagai sosok nan pernah mengemban kedudukan strategis pada tiga pilar negara, ialah eksekutif, legislatif dan yudikatif. Karir politiknya menanjak saat dia diminta Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai Manteri Pertahanan, dan dilanjutkan sebagai Menteri Kehakiman dan HAM.

Pasca lepas dari kedudukan sebagai menteri, dia melanjutkan karir politiknya sebagai personil DPR RI melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Setelah itu, dia terpilih sebagai Hakim Konstitusi Periode 2008-2013, serta menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi hingga 2013.

Tidak kalah menarik, sosok Mahfud MD nan dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai Menkopolkam RI, sekaligus menjadikan dirinya sebagai Menkopolkam pertama dari kalangan sipil. [pin/ted]


Baca buletin lainnya di Google News alias langsung di laman Indeks


Navigasi pos

Selengkapnya
Sumber Beritajatim
Beritajatim