Kisah Penghancuran Pasukan Mongol oleh Raden Wijaya, Diajak Pesta Sebelum Dihabisi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

JAKARTA - Seruan Khubilai Khan untuk mengakui kekuasaannya ditolak mentah-mentah oleh Raja Singasari, Kertanegara. Utusannya apalagi dipotong telinganya oleh Kertanegara.

Hal ini membikin Kekaisaran Mongol murka. Mereka pun menyiapka pasukan untuk menyerang Singasari. Merka sampai ke Majapahit pada 1 Maret 1293. Sebelumnya, mereka mendarat di Tuban, mendirikan perkemahan di tepi Sungai Brantas.

 BACA JUGA:

Namun peta perpolitikan di tanah Jawa telah berubah. Raja Kertanegara telah tewas dibunuh oleh Raja Jayakatwang dari Kediri. Hal tersebut tidak diketahui oleh Jenderal Ike Mese, utusan Mongol.

Kedatangan Pasukan Mongol diketahui oleh Raden Wijaya nan telah bermukim di area rimba Tarik, dekat Muara Kali Brantas. Menantu Kertanegara ini pun berencana membujuk pasukan Mongol untuk bekerjasama membalaskan dendamnya menhancurkan Kediri.

Raden Wijaya dengan didampingi oleh Aryawiraraja, penguasa Sumenep menemui Jenderal Ike Mese. Mereka menyakinkan Jenderal Ike Mese bakal ikut berperang. Raden Wijaya menawarkan support dengan iming-iming kekayaan rampasan perang dan putri-putri Jawa nan cantik

Bergabunglah dua kekuatan ialah pasukan Tar Tar di bawah Pimpinan Jenderal Ike Mese dan pasukan Raden Wijaya, menyerang Kerajaan Kediri.

Pada 20 Maret 1293, tentara campuran Raden Wijaya dan Mongol mengepung Jayakatwang. Mereka kocar-kacir dan terjun ke Sungai Brantas. Lebih dari 5.000 pasukan meninggal terbunuh. Jayakatwang mundur ke istana berbareng pengikutnya. Sorenya, Jayakatwang menyerah.

Setelah kekalahan Kediri, Jendral Shih Pi meminta janji putri-putri Jawa tersebut. Namun dengan kecerdikan Adipati Arya Wiraraja, utusan Mongol di bawah ketua Jendral Kau Tsing diminta menjemput para putri tersebut di Desa Majapahit tanpa membawa senjata.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan buletin up to date dengan semua buletin terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selengkapnya
Sumber Okezone
Okezone