Kepala Bea Cukai Madura Ajak Masyarakat Geser Pola Konsumsi dari Rokok Ilegal ke Legal

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Kepala Bea Cukai Madura(Ongky Arista UA/Media Jatim) Kepala Bea Cukai Madura Muhammad Syahirul Alim diwawancarai awak media, Selasa (17/10/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — Maraknya peredaran rokok terlarangan di Madura bukan hanya lantaran tempat produksinya nan tidak bisa distop, tapi juga lantaran pola konsumsi masyarakat nan doyan rokok polos.

Itulah nan dikatakan Kepala Bea Cukai Madura Muhammad Syahirul Alim kepada awak media di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pamekasan, Selasa (17/10/2023).

Syahirul Alim mengatakan bahwa salah satu langkah paling efektif untuk menstop peredaran rokok terlarangan adalah mengubah pola konsumsi masyarakat.

“Yang paling krusial adalah konsumsinya. Jadi, ketika rokok terlarangan itu marak, jika tidak ada nan konsumsi, maka tidak bakal laku,” kata Syahirul Alim.

Dia membujuk masyarakat memerangi rokok terlarangan khususnya di Pamekasan dengan langkah menghentikan konsumsi rokok tersebut.

Tetapi sampai kapan pun, kata Syahirul, jika tetap ada masyarakat nan mengonsumsinya, maka niscaya rokok terlarangan itu bakal terus ada.

“Jadi, konsumsi rokok legal saja. Karena, konsumsi ini juga bakal mengalir menjadi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), dan bakal semakin besar,” paparnya.

Dia berambisi masyarakat tidak lagi mengonsumsi rokok terlarangan sehingga produsen rokok terlarangan tidak semakin meningkat dari waktu ke waktu.(*/ky)

Selengkapnya
Sumber Mediajatim
Mediajatim