Kasus Sampang, Polisi Sita Uang Rp850 Juta dan 35 Butir Peluru

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya (beritajatim.com) – Kasus penembakan di Sampang menyeret lima pelaku nan sekarang sudah mendekam di sel tahanan Polda Jatim. Mereka adalah MW, H, S, AR dan HH. Dari tangan kelima Tersangka ini, polisi sukses menyita sejumlah peralatan bukti ialah duit tunai sebanyak Rp 850 juta, dua buah senjata api, dua selongsong amunisi, 35 butir dan 37 senjata tajam dengan beragam bentuk.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Kombes Pol Totok Suhariyanto mengatakan, peralatan bukti tersebut disita dari para tersangka. Untuk duit Rp 850 juta ditemukan di rumah Tersangka MW, sentara senjata api dan senjata tajam lainnya ditemukan di rumah AR.

“Makanya untuk penyelenggara AR ditambahkan pasal 1 ayat 1 UU Darurat atas kepemilikan senjata api dengan ancaman balasan 20 tahun,” ujar Kombes Pol Totok, Kamis (11/1/2024).

AR seng penyelenggara Penembakan Sampang mengaku dijanjikan Rp 500 juta untuk melakukan penembakan terhadap korban M. Sedangkan nan menjanjikan adalah MW otak pelaku penembakan.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jatim Kombes Pol Totok Suhariyanto mengatakan, AR mempunyai dua senjata salah satunya ialah revolver kaliber 38 S&W nan digunakan untuk melakukan penembakan ke korban. Sebelum penembakan dilakukan MW menyiapkan motor NMax dan duit untuk operasional sebesar Rp 50 juta.

AR penduduk Wedoro Pandaan Pasuruan ini melakukan survey enam hari sebelum penembakan dilakukan. Uang Rp 50 juta pemberian MW nan digunakan untuk operasional tersebut kemudian oleh AR dibagi ke Tersangka HH sebanyak Rp 5 juta.

“Tersangka HH joki nan menyetir kendaraan NMax pada saat melakukan penembakan pada korban M,” ujar Kombes Pol Totok, Kamis (11/1/2024).

Sebelum melakukan penembakan, Tersangka H penduduk Banyuates Sampang membantu mencari Tersangka S untuk mengawasi dan memantau aktivitas korban M setiap harinya sebelum kejadian penembakan. Selain itu Tersangka S juga diberikan Handphone untuk komunikasi dengan Tersangka AR. [uci/but]


Baca buletin lainnya di Google News alias langsung di laman Indeks


Selengkapnya
Sumber Beritajatim
Beritajatim
↑