Kaki Bengkak Penderita Diabetes, Apa Sebabnya?

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Diabetes nan tidak terkontrol juga bisa menyebabkan masalah lain, seperti pembengkakan kaki. Kaki bengkak penderita diabetes, terutama di pergelangan kaki bisa disebabkan oleh banyak hal.  Dalam perihal ini, Anda perlu berbincang dengan master untuk mencari penyebabnya.

Penyebab Kaki Bengkak Penderita Diabetes

Salah satu kondisi kesehatan umum nan mungkin menjadi penyebab utama kaki bengkak adalah diabetes. Diabetes merupakan kondisi kronis nan berasosiasi dengan keahlian tubuh untuk melepaskan alias merespons insulin, dan menyebabkan peningkatan kadar glukosa. Ini adalah penyakit nan sangat umum di beragam bagian dunia.

Kali ini, kita bakal membahas tentang penyebab kaki bengkak pada penderita diabetes.

1. Sirkulasi Darah nan Buruk

Gula hipertensi nan terus dibiarkan dapat merusak lapisan pembuluh darah. Katup mini nan menghentikan aliran darah ke bawah lantaran gravitasi bisa menjadi bocor, nan disebut insufisiensi vena. Akibatnya, darah menggenang di kaki dan membikin kaki dan pergelangan kaki membengkak.

2. Kerusakan Saraf

Gula hipertensi dapat menyebabkan kerusakan saraf nan mengurangi sensitivitas. Jika Anda tidak merasakan sakit akibat luka alias cedera, Anda mungkin mulai mengabaikannya. Mengabaikan luka dapat menyebabkan lebih banyak penumpukan cairan, nan memicu pembengkakan.

3. Gumpalan Darah

Penderita glukosuria lebih rentan mengalami penggumpalan darah nan disebut trombosis vena dalam, nan dapat membikin kaki membengkak. Penggumpalan darah adalah kondisi nan berpotensi berbahaya. Sebab, jika gumpalan ini terlepas, ini dapat menyebar ke paru-paru dan menyebabkan emboli paru, nan menakut-nakuti jiwa. Penggumpalan darah biasanya menyebabkan pembengkakan pada salah satu kaki.

4. Gangguan Ginjal

Diabetes adalah penyebab penyakit ginjal kronis nomor satu. Gangguan pada ginjal mempengaruhi keahlian tubuh untuk mengatur keseimbangan cairan dan memicu pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.

5. Obat nan Digunakan

Berbagai obat nan biasa digunakan untuk mengendalikan gula darah dapat mempunyai pengaruh samping berupa edema. Obat ini termasuk obat tekanan darah tertentu, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), dan beberapa obat nan digunakan untuk mengatasi nyeri saraf.

6. Obesitas

Orang glukosuria nan mempunyai berat badan berlebih condong kesulitan mengendalikan diabetesnya. Gula darah nan tidak terkendali dapat memicu kerusakan pembuluh darah nan memperburuk masalah sirkulasi darah dan selanjutnya memicu pembengkakan pada kaki.

Pengobatan Kaki Bengkak Pada Penderita Diabetes

Saat mengalami kaki bengkak akibat diabetes, pengobatan rumahan berikut ini mungkin dapat membantu:

  • Gunakan kaus kaki kompresi. Kaus kaki kompresi bakal membantu melancarkan aliran darah di tungkai, kaki, dan pergelangan kaki, sehingga mengurangi pembengkakan. Kaus kaki kompresi dapat dibeli di apotek, toko perlengkapan medis, alias toko online.
  • Tinggikan kaki. Mengangkat kaki lebih tinggi dari jantung bakal membantu meredakan pembengkakan. Kamu bisa menggunakan sandaran untuk menopang kaki dan sedikit meninggikannya.
  • Berolahraga secara teratur. Berolahraga nyaris setiap hari selama minimal 30 menit adalah langkah nan bagus untuk melancarkan sirkulasi darah dan selanjutnya mengurangi pembengkakan. Ini juga berfaedah untuk membantu mengatur berat badan dan menurunkan kadar gula darah. Tanyakan pada master apa saja olahraga nan kondusif untuk penderita diabetes.
  • Menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan dapat mempermudah kontrol gula darah. Ketika gula darah berada pada kisaran normal, mini kemungkinan terjadinya masalah sirkulasi.
  • Batasi asupan garam. Kandungan natrium dalam garam dapat menyebabkan retensi air dan memperparah pembengkakan.

Pada intinya, mengelola glukosuria adalah kunci untuk meredakan pembengkakan di kaki dan mengurangi indikasi glukosuria lainnya. Jika mengalami kaki bengkak, Anda mungkin perlu menghubungi master lantaran bisa jadi ini disebabkan glukosuria nan tidak terkontrol.

Sumber:

Verywellhealth.com. Diabetes-and-swollen-feet

Arizonafooddoctors.com. Swollen-feet-and-ankles-diabetes

Healthcenter.com. Diabetes-swollen-feet

Selengkapnya
Sumber Gue Sehat
Gue Sehat