Jangan Patah Semangat, Wanita dengan PCOS Bisa Hamil Alami!

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Perempuan dengan PCOS tetap mempunyai kesempatan untuk mengandung kok. Jangan khawatir, dengan perawatan dan pengobatan nan tepat, kesempatan mengandung buah hati nan dinanti tetap bisa dimiliki.

Sekilas tentang PCOS

PCOS alias sindrom ovarium polikistik merupakan suatu kondisi hormonal nan dapat mengganggu kesuburan perempuan. Masalah ovulasi adalah penyebab paling umum dari infertilitas. Salah satu kondisi penyebabnya adalah sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Namun, menderita PCOS tidak lantas berfaedah tidak bisa hamil. Mereka nan kesulitan mengandung lantaran PCOS umumnya lantaran tidak diobati dengan benar. Ada banyak perihal nan dapat dilakukan untuk meningkatkan kesempatan kehamilan nan sehat meski menderita PCOS.

PCOS tidak bakal mengurangi kesempatan mengandung terlebih jika ovulasi Mums normal. Namun jika Mums mengalami ovulasi nan tidak normal, memang bisa jadi kesempatan untuk mengandung jadi lebih rendah, namun Mums tetap dapat berkonsultasi dengan ahli fertilitas untuk meningkatkan kesempatan dengan berupaya lebih keras.

Gejala PCOS

Terdapat beberapa indikasi PCOS nan mudah dikenali antara lain sebagai berikut.

- Periode menstruasi terlalu sedikit alias bisa mencapai kurang dari 9 kali setiap tahun.

- Mengalami periode menstruasi lebih lama dari biasanya

- Menstruasi nan dialami sangat berat, dapat disertai volume darah menstruasi nan cukup hebat.

- Kadar hormon laki-laki nan lebih tinggi seperti testosteron

- Munculnya jerawat nan berlebihan, tidak hanya di wajah tetapi bisa juga di punggung alias bagian tubuh lainnya.

- Tumbuh rambut wajah dan rambut ekstra di tempat lain seperti dada, perut alias punggung

- Munculnya kista mini alias kumpulan cairan di ovarium hingga lebih sedikitnya telur nan dilepaskan dari ovarium.

Jika PCOS tidak segera diobati, akibat kondisi kesehatan lainnya pun dapat meningkat seperti

diabetes jenis 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol, hingga stroke.

Wanita dengan PCOS Bisa Hamil Alami?

Banyak aspek nan memengaruhi keahlian wanita untuk hamil, terutama aspek usia dan kondisi kesehatan. Jika Mums tetap berumur di bawah 35 tahun, mengalami ovulasi teratur, dan tidak mempunyai kondisi medis lain nan memengaruhi kesuburan, kesempatan mengandung dapat terjadi setidaknya dalam satu tahun alias kurang.

Namun jika pasangan mengalami kondisi medis nan memengaruhi fertilitasnya, proses kehamilan memerlukan waktu lebih lama. Kesuburan alami wanita umumnya bakal menurun secara signifikan di usia 37 tahun. Meski pada usia 40-an Mums tetap dapat berkesempatan untuk mengandung secara alami.

Terkait PCOS, ketidakseimbangan hormon dapat mengganggu pertumbuhan dan pelepasan sel telur dari ovarium. Mums perlu berkonsultasi dengan master untuk meningkatkan ovulasi dan kesempatan untuk hamil. Para mahir menganjurkan untuk mencari pengobatan jika Mums menderita PCOS dan belum mengandung setelah satu tahun mencoba.

Jika obat-obatan tidak cukup membantu Mums untuk hamil, master mungkin merekomendasikan perawatan IVF. Kebanyakan pengidap PCOS mempunyai kesempatan 20 hingga 40 persen untuk mengandung dengan perawatan IVF. Meski demikian mereka nan berumur 35 tahun ke atas alias kelebihan berat badan mempunyai kesempatan lebih rendah untuk hamil.

Untuk memperbesar kesempatan kehamilan, Mums juga dianjurkan untuk mempunyai style hidup lebih sehat. Menjaga berat badan, menyeimbangkan kadar gula darah, mengonsumsi nutrisi nan tepat.  Batasi alias hindari lemak tidak sehat, gula, dan karbohidrat sederhana, nan biasanya ditemukan pada makanan olahan dan makanan sigap saji. Konsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran, kacang dan lentil, biji-bijian utuh, seperti oatmeal, quinoa, farro, barley, dan beras merah. Konsumsi juga protein tanpa lemak, seperti ayam dan ikan.

Referensi:

Healthline.com

Verywellhealth.com

Clevelandclinic.org

Selengkapnya
Sumber Gue Sehat
Gue Sehat