Jadi Cawapres, Mahfud MD Potensial Pertebal Kemenangan Ganjar Pranowo di Jatim

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

JAKARTA - Mahfud MD resmi didaulat sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Pasangan tersebut diyakini bakal mendulang banyak suara.

Ganjar dan Mahfud merupakan pasangan nan potensial mendominasi raihan bunyi di Jawa Timur. Bahkan, Mahfud diyakini bakal mempertebal kelebihan Ganjar di wilayah tapal kuda dan Madura.

Demikian dikatakakan Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing, dalam keterangannya, Selasa (24/10/2023).

"Saya berbicara seperti itu lantaran beliau (Mahfud) dari sana asalnya. Kedua, Mahfud MD itu secara nasional banyak dikagumi. Dia juga sebenernya relatif tidak diragukan integritas dan kapabilitasnya. Secara religius cukup kental. Saya kira masyarakat di Madura dan wilayah tapal kuda pasti memberikan respon nan positif," ujarnya.

Mahfud MD merupakan kelahiran Kabupaten Sampang, Madura. Saat ini, dia berumur 66 tahun. Adapun Tapal kuda adalah julukan bagi area di bagian timur Provinsi Jawa Timur.

Kawasan tersebut meliputi tujuh kabupaten, ialah Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan, Situbondo dan Probolinggo.

Emrus menambahkan, figur sekaliber Mahfud nan merupakan intelektual di bagian hukum. Mahfud juga dikenal sebagai sosok nan cukup religius.

Dengan mendampingi Ganjar, Mahfud dapat memikat penduduk Nahdlatul Ulama (NU), terutama di wilayah tapal kuda dan Madura. "Selain itu, dia adalah Gusdurian. Dia bisa dikatakan siswa loyal Gus Dur nan setia," ujar Emrus.

Mahfud mempunyai gambaran sebagai figur NU kultural dari Madura. Kemudian, ditopang kualitas individual sebagai mahir norma tata negara.

Follow Berita Okezone di Google News

Selengkapnya
Sumber Okezone
Okezone