Istigasah Kebangsaan di Sumenep, Mahfud MD Ajak Warga Madura Tak Golput

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Sumenep (beritajatim.com) – Menko Polhukam RI, Mahfud MD membujuk penduduk Madura untuk menggunakan kewenangan pilihnya dalam Pemilu 2024.

“Warga negara nan baik kudu ikut Pemilu. Jangan sampai tidak menggunakan kewenangan pilihnya lantaran tidak ada calon nan baik. Tidak boleh seperti itu. Pilih saja calon nan paling baik. Ini merupakan bagian dari merancang pemerintahan nan bersih,” ujarnya saat menyampaikan orasi kebangsaan.

Pada Sabtu (18/11/2023), Mahfud MD berada di Sumenep dalam Istigasah Kebangsaan di Stadion A. Yani. Istigasah Kebangsaan ini digagas Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Kabupaten Sumenep dan sejumlah relawan seperti Sahabat Mahfud, Ikatan Keluarga Madura (IKAMA), Madura Asli (Madas), Santri Milenial Indonesia, Achmad Fauzi Mania, dan Higemura.

Istigasah kebangsaan tersebut juga dihadiri Ketua Banggar DPR RI, MH Said Abdullah, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, dan seratus ustad dan nyai dari empat Kabupaten di Madura. “Istighasah Kebangsaan ini digelar untuk keselamatan bangsa. Saat ini bangsa kita sedang menghadapi banyak permasalahan,” kata Mahfud.

Ia mencontohkan persoalan ‘geo politik’ Rusia – Ukraina. Kemudian serangan Israel ke Palestina nan memporakporandakan Gaza. Beberapa persoalan itu, bisa berakibat ke Indonesia, khususnya masalah perekonomian.

“Misalnya kita biasanya mengimpor 80 persen gandum dari Uni Soviet dan Ukraina. Kalau perang itu berkelanjutan, maka kita tidak punya sumber nan sama murahnya dari luar negeri. Dan itu bisa menakut-nakuti perekonomian,” tandasnya.

Selain itu, juga ada persoalan berupa ancaman dari musibah alam, El Nino nan menyebabkan pana ekstrem. Kemudian ada wabah, letusan gunung berapi, tsunami serta beberapa musibah lainnya.

“Mudah-mudahan persoalan-persoalan ini sigap selesai. Dan ini perlu kesungguhan kita untuk menangani. Kita penduduk Indonesia punya tanggung jawab untuk datang menjemput sejarah dalam menyelematkan bangsa ini dari bencana,” ungkap Mahfud.

Istigasah kebangsaan tersebut juga dihadiri Ketua Banggar DPR RI, MH Said Abdullah, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, dan seratus ustad dan nyai dari empat Kabupaten di Madura. (tem/kun)

BACA JUGA: Istigasah Kebangsaan di Sumenep: Mahfud Nyanyikan Lagu ‘Tanduk Majeng’, Buktikan Asli Putra Madura


Baca buletin lainnya di Google News alias langsung di laman Indeks


Selengkapnya
Sumber Beritajatim
Beritajatim