Ini 4 Daerah Paling Luas di Provinsi Jawa Timur

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya (beritajatim.com) – Jawa Timur merupakan provinsi terluas di antara enam provinsi di Pulau Jawa, mempunyai karakter geografis nan mencakup luas wilayah sekitar 48.036,84 kilometer persegi. Ternyata ada 4 wilayah di area Jawa Timur (Jatim) nan tergolong paling luas.

Terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota, total kabupaten/kota di Jawa Timur mencapai nomor 38. Dari sekian banyak wilayah tersebut, terdapat empat kabupaten nan menonjol dengan luas wilayah nan paling besar.

Mana saja wilayah ini? Berikut penjelasan lengkapnya:

BACA JUGA:BKPSDM Sampang Warning ASN Jelang Pilpres dan Pileg

1. Kabupaten Banyuwangi

Menempati posisi puncak sebagai wilayah terluas di Provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Banyuwangi. Wilayah ini mencakup luas sekitar 3.592,90 kilometer persegi. Banyuwangi tidak hanya dikenal sebagai wilayah terluas tetapi juga menyimpan keelokan alam nan memukau, menjadikannya destinasi nan menarik untuk dijelajahi.

2. Kabupaten Malang

Urutan kedua dalam daftar wilayah terluas di Jawa Timur ditempati oleh Kabupaten Malang. Dengan luas wilayah mencapai 3.473,44 kilometer persegi, Malang tidak hanya terkenal dengan keelokan alamnya tetapi juga sebagai pusat budaya dan pariwisata nan kaya bakal warisan sejarah.

3. Kabupaten Jember

Kabupaten Jember menduduki ranking ketiga sebagai wilayah terluas di Provinsi Jawa Timur. Wilayahnya nan mencapai 3.313,46 kilometer persegi membikin Jember menjadi destinasi nan luas dan menarik untuk dieksplorasi.

BACA JUGA:Warga Tegalsari Sidoarjo Nikmati Air Bersih Setelah Penantian 30 Tahun

4. Kabupaten Bojonegoro

Pada ranking keempat, Kabupaten Bojonegoro membanggakan luas wilayah mencapai 2.312,63 kilometer persegi. Selain sebagai wilayah terluas, Bojonegoro juga dikenal dengan potensi sumber daya alamnya, terutama dalam sektor daya dan migas.

Melalui info nan dihimpun dari Buku Provinsi Jawa Timur dalam Angka 2023, daftar ini memberikan gambaran jelas tentang keberagaman dan potensi nan dimiliki oleh empat wilayah terluas di Provinsi Jawa Timur.

Sebagai destinasi nan menawarkan keelokan alam dan kekayaan budaya, Kabupaten Banyuwangi menjadi nan terluas, menyajikan pengalaman nan luar biasa bagi para pengunjung. (Fyi/Aje)


Baca buletin lainnya di Google News alias langsung di laman Indeks


Selengkapnya
Sumber Beritajatim
Beritajatim