Bupati Sampang Resmikan Gedung Smart Room

Sedang Trending 7 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

SAMPANG, koranmadura.com – Menuju Sampang Smart City, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi meresmikan gedung Smart Room nan berada di kompleks Pendapa Trunojoyo setempat.

Dalam peresmian itu, dihadiri pula Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Wakil Ketua DPRD Sampang Rudi Kurniawan, Kasdim 0828, Wakapolres Sampang, Forkopimda, Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiyawan, Tenaga Ahli Kemenkominfo RI Hari Kusdaryanto, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sampang, Direktur Poltera, Bank Sampang, RSMZ, serta Perwakilan TP2D.

Kepala Dinas Kominfo Sampang Amrin Hidayat menyampaikan, keberadaan Smart Room Center Kabupaten Sampang merupakan bentuk kesungguhan Pemkab Sampang untuk mewujudkan Kabupaten Sampang sebagai Kota Cerdas alias Smart City.

Menurutnya, keberadaan Smart Room bakal memberikan faedah nan sangat besar bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat dikarenakan segala info mengenai Kabupaten Sampang nantinya bisa diketahui serta diakses dengan jasa dan akomodasi nan disediakan

“Smart Room Center sebagai pusat info menyerupai command center nan bakal menambah sederet penemuan pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Sampang,” ungkapnya.

Selain itu, Smart Room dilengkapi dengan akomodasi teknologi nan canggih untuk mempermudah operasional pelayanan publik agar lebih efektif dan efisien lantaran menggunakan sistem IoT (Internet of Things) nan bisa terhubung langsung dengan perangkat aplikasi.

IoT juga memungkinkan untuk berkomunikasi, mengendalikan dan terhubung dengan perangkat pandai machine-to-machine dengan menggunakan teknologi internet, konektivitas, sensor dan artificial intelligence.

“Inovasi ini tentunya bakal sangat membanggakan bagi penduduk Sampang, mari bersama-sama wujudkan Sampang Hebat Bermartabat sebagai Kota Cerdas,” tegasnya.

Sementara Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengaku bangga lantaran sekarang Kabupaten Sampang berada di trek nan tepat dalam rangka menyambut era digital dengan mempersiapkan segala akomodasi pendukungnya termasuk dibangunnya gedung Smart Room. Sebab keberadaan gedung tersebut menjadi bukti bahwa Sampang siap menjadi kota pandai berbasis digitalisasi alias Smart City. Dimana dalam Smart City ialah mendayagunakan segala info dan info digital untuk pembangunan dan pelayanan nan lebih optimal bagi masyarakat.

“Saya mengapresiasi Diskominfo Sampang nan telah berupaya maksimal mewujudkan Gedung IT representatif dengan dilengkapi teknologi IOT. Smart Room nantinya bakal mendukung beragam sistem dan perangkat saling berbagi komunikasi dan info secara real time dan menjadi trigger intregasi info di lingkungan Pemkab Sampang,” paparnya.

Aba Idi sapaan akrabnya juga meyakini  adanya gedung Smart Room nantinya untuk penyelenggaraan operasional aktivitas dan pelayanan publik semakin efisien serta pemanfaatan sumber daya juga lebih optimal.

“Misalnya dalam rangka mendukung terciptanya proses pembangunan berkelanjutan, inklusif, kolaboratif dan sesuai dengan paradigma sustainable development goals (SDGs),” ujarnya.

Pihaknya berambisi gedung smart room dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sebagai salah satu warisan selama periode kepemimpinannya berbareng Wakil Bupati Sampang agar nantinya menjadi pusat kerjasama nan produktif, wadah penemuan nan tiada henti dan sarana menciptakan perubahan positif di lingkungan Pemkab Sampang.

“Kami berambisi gedung ini menjadi simbol kesiapan Sampang untuk berinovasi secara berkelanjutan, kerja sama nan solid antar OPD kudu diimplementasikan agar dapat menjadi trigger memantik terwujudnya Sampang Smart City,” ucapnya.

Selain peresmian gedung Smart Room, juga dilakukan penandatanganan komitmen berbareng oleh beragam pihak dan OPD untuk menuju Sampang Smart City. (ADV/MUHLIS/DIK)

Selengkapnya
Sumber Koranmadura
Koranmadura