Berapa Kadar Gula Darah yang Berbahaya?

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Fluktuasi kadar gula darah, baik itu kadar gula darah tinggi (hiperglikemia) maupun kadar gula darah rendah (hipoglikemia), bisa rawan untuk penderita diabetes. Lalu, berapa nan dianggap sebagai kadar gula darah nan berbahaya? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Kaki Bengkak Penderita Diabetes, Apa Sebabnya?

Kadar Gula Darah nan Berbahaya pada Hipoglikemia

Kadar gula darah rendah (hipoglikemia) pada penderita glukosuria bisa rawan dan perlu segera diatasi. Oleh karena itu, krusial mengetahui indikasi kadar gula darah rendah, seperti pucat, tubuh gemetar dan berkeringat, pusing, mual, debar jantung cepat, cemas, dan lainnya.

Menurut American Diabetes Association (ADA), kadar gula darah rendah diklasifikasikan berasas tingkat keparahan:

  • Hipoglikemia level 1: kadar gula darah alias glukosa kurang dari 70 miligram per desiliter (mg/dL), namun di atas alias minimal 54 mg/dL.
  • Hipoglikemia level 2: kadar gula darah kurang dari 54 mg/dL. Level ini merupakan periode pemisah dimana mulai terjadi kekurangan gula darah di dalam otak, sehingga menyebabkan indikasi neuroglikopenik, seperti susah berkonsentrasi, kebingungan, lemah, lesu, pandangan kabur, dan lainnya. Jika kadar gula darah turun pada level ini, maka dibutuhkan penanganan segera untuk mengatasi gejalanya. 
  • Hipoglikemia level 3: pada level ini, hipoglikemia dianggap parah. Gejalanya pun semakin parah. Pada umumnya, pada level ini, penderita memerlukan support orang lain untuk mengatasi alias mengobati kadar gula darahnya. Biasanya kondisi ini terjadi pada penderita diabetes jenis 1 nan menjalani terapi insulin. Jika tidak segera ditangani, dapat kondisi ini dapat menyebabkan kejang, hilangnya kesadaran, koma, alias apalagi kematian
Baca juga: Deteksi Stroke Lebih Cepat dan Akurat dengan Memanfaatkan Kecerdasan Buatan!

Kadar Gula Darah nan Berbahaya pada Hiperglikemia

Kadar gula hipertensi dapat terjadi sesekali tanpa menyebabkan ancaman alias kegawatan. Namun, kadar gula hipertensi nan sering terjadi dapat menyebabkan komplikasi diabetes, nan dapat merusak pembuluh darah.

Target kadar gula darah untuk penderita glukosuria dapat berbeda satu sama lain, biasanya dipengaruhi faktor-faktor, seperti usia, jenis diabetes, dan kondisi kesehatan lain nan dimiliki. Jadi, Diabestfriends perlu konsultasi dengan master mengenai sasaran kadar gula darah nan direkomendasikan. 

Target kadar gula darah nan umum untuk orang dewasa nan mempunyai glukosuria biasanya 80 - 130 mg/dL (kadar gula darah puasa) dan kurang dari 180 mg/dL sekitar 1-2 jam setelah makan. Kadar gula darah di atas nomor tersebut sudah dianggap tinggi alias hiperglikemia. Namun, ini pun subjektif dan perlu dikonsultasikan dengan master masing-masing. 

Kondisi rawan dapat terjadi jika kadar gula hipertensi berulang alias kadar gula darah meningkat dan penderitanya mengalami gejala-gejala tertentu, seperti sering haus, sering buang air kecil, pusing, lelah, dan lainnya.

Kadar gula hipertensi dianggap rawan jika disertai dengan keton (senyawa masam nan dihasilkan oleh tubuh saat membakar lemak untuk dijadikan energi). Kondisi ini umumnya terjadi pada glukosuria jenis 1. Kadar gula hipertensi disertai keton juga bisa terjadi pada penderita glukosuria jenis 2 nan menjalani terapi insulin alias mengonsumsi obat SGLT-2 inhibitor.

Lama kelamaan, kadar gula hipertensi nan tidak diatasi bisa menyebabkan komplikasi, seperti glukosuria ketoasidosis, penyakit jantung, dan lainnya.

Baca juga: Istilah Baru Penyakit Jantung Bernama CKM! Waspada nan Obes!

Sumber:

Very Well Health. Dangerous Blood Sugar Levels in Diabetes. September 2023.
ElSayed NA, Aleppo G, Aroda VR, et al. Glycemic targets: standards of care in diabetes—2023. Diabetes Care. 2023;46(Supplement_1):S97–S110. doi:10.2337/dc23-S006.
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. Diabetes, heart disease, & stroke.
American Diabetes Association. Blood glucose testing and management. The big picture: checking your blood sugar.

Selengkapnya
Sumber Gue Sehat
Gue Sehat