Bawaslu Pamekasan Pastikan Ribuan PTPS Siap Awasi Pemilu 2024

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Pamekasan (beritajatim.com) – Ribuan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Pamekasan, dipastikan siap mengawasi penyelenggaraan pesta demokrasi, guna mewujudkan Pemilu 2024 berintegritas.

Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan, Sukma Umbara Tirta Firdaus pasca dikukuhkannya ribuan petugas PTPS di Aula PKP-RI Jl Kemuning, Pamekasan, Senin (22/1/2024) kemarin.

“Di Pamekasan, ada 2.448 PTPS nan bakal bekerja hingga H+7 penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang. Jumlah itu disesuaikan dengan jumlah TPS nan tersebar di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan,” kata Sukma Umbara Tirta Firdaus, Selasa (22/1/2024).

Dengan komposisi tersebut, pihaknya sangat optimistis dapat merealisasikan penyelenggaraan pemilu berintegritas. “Artinya dengan komposisi ini, tiap TPS bakal ada satu orang pengawas,” ungkapnya.

Baca Juga: Bawaslu Pamekasan Hentikan Kasus Gus Miftah

Pasca dilantik, seluruh personel PTPS nantinya bakal bekerja mengawasi proses pemilu, mulai dari pra, saat pelaksanan hingga pasca pelaksaan. “Misalnya memastikan DPT TPS sudah betul alias memenuhi syarat alias tidak,” jelasnya.

“Termasuk juga memastikan daftar undangan untuk datang ke TPS pada saat penyelenggaraan pemilu, apakah betul-betul sampai kepada calon pemilih alias tidak. Intinya mereka bekerja hingga H+7 pemungutan suara,” sambung Sukma Firdaus.

Namun untuk memastikan dan meningkatkan profesionalisme, seluruh PTPS nantinya bakal digembleng melalui program Bimbingan Teknis (Bimtek) pengawasan, sekaligus dapat menjadi bekal saat mereka terjun ke lapangan.

“Artinya dalam waktu dekat, kami nantinya bakal mengundang seluruh PTPS untuk mengikuti Bimtek, guna memberikan pemahaman mengenai tugas pokok nan bakal dilakukan selama masa kedudukan PTPS,” imbuhnya.

Baca Juga: Logistik Pemilu di Pamekasan Didistribusikan 7 Februari 2024

Tidak hanya itu, kayakinan lainnya dalam mewujudkan pemilu berintegritas juga tidak lepas dari antusiasme pendaftar nan berambisi untuk ikut serta sebagai pengawas pemilu.

Terlebih jumlah pendaftar sebagai calon PTPS mencapai nomor sebanyak 2.637 orang, dari total kebutuhan sebanyak 2.448 orang sesuai dengan jumlah TPS di Pamekasan.

“Peminat PTPS ini tinggi, terlihat dari jumlah pelamar melampaui jumlah PTPS nan dibutuhkan di setiap Kecamatan. Misalnya di Kecamatan Kota butuhnya 252 orang, tapi nan melamar nyaris menyentuh 300 orang,” pungkasnya.

Hanya saja dari total kebutuhan sebanyak 2.448 orang, sementara kuota terisi sebanyak 2.445 orang alias kurang 3 orang lantaran tiga PTPS tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat. [pin/ted]


Baca buletin lainnya di Google News alias langsung di laman Indeks


Selengkapnya
Sumber Beritajatim
Beritajatim
↑