Atraksi Kekebalan, Pesilat Pagar Nusa Meriahkan Apel Hari Santri di Tuban

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Tuban (beritajatim.com) – Memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Tuban menggelar apel sebanyak 1.000 santri di laman masjid Syaikh Hasyim Asy’ari kompleks Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Bina Anak Sholeh (BAS) Tuban. Minggu (22/10/2023).

Dalam apel tersebut, dipimpin oleh Ketua Tanfidziyah MWC NU Tuban Dr. M. Amenan, MT dengan diikuti para pengurus MWC NU Tuban, banom, lembaga dan ranting, Banser, PAC Ansor serta santri Ma’had Bahrul Huda dan pesantren Al Futuhiyah Tuban.

“Apel peringatan hari santri kali ini banyak diisi oleh atraksi, diantaranya dari Perguruan Silat Pagar Nusa PAC Kecamatan Tuban dan dari santri Ma’had Bahrul Huda,” ucap M. Amenan.

Baca Juga: Peringatan Hari Santri Nasional 2023, Unisma Gaungkan Semangat Jihad Ilmiah

Selain itu, atraksi peragaan jurus-jurus dari perguruan silat Pagar Nusa juga menampilkan atraksi kekebalan dan kekuatan tubuh para pesilat. Di antaranya memecahkan batako dengan kening dan kepala, serta bagian tubuh, tangan dan kaki pesilat dipukul dengan tongkat kayu hingga tongkatnya patah.

“Atraksi ditutup dengan penampilan pengurus Ansor dan Banser bekerja-sama dengan Fatayat nan memeragakan nyanyian dan mobilitas Jumberareka,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HSN MWC NU Kecamatan Tuban Khoirul Huda mengaku bangga dengan antusiasme peserta apel, tidak hanya santri muda, namun santri anak seusia SD dan SMP apalagi nan tua juga mengikuti apel tersebut.

Baca Juga: Korban Tragedi Kebakaran Kandang Sapi di Sampang Tak Dapat Bantuan Tanggap Darurat

“Ini bukti bahwa NU berada di hati dan dicintai semua golongan. Pengurus NU dan Muslimat misalnya nan sudah sepuh tetap semangat untuk ikut apel,” tutur Khoirul Huda.

Pria nan berkawan disapa Huda ini juga menambahkan, dalam seremoni HSN, MWC NU melakukan beragam serangkaian aktivitas termasuk menggelar pagelaran dari banom dan lembaga.

“Hal ini dilakukan agar bisa membujuk banom bisa berdikari sehingga bisa menambahkan kas lembaga, sehingga bisa membantu pendanaan aktivitas di lembaganya,” pungkasnya. [ayu/ian]


Baca buletin lainnya di Google News alias langsung di laman Indeks


Navigasi pos

Selengkapnya
Sumber Beritajatim
Beritajatim
↑