Apakah Benar Filipina Termasuk Wilayah Majapahit? Cek Faktanya

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

JAKARTA- Mengulik apakah betul Filipina termasuk wilayah Majapahit nan jarang orang tahu. Hal ini dikarenakan pada kerajaan Majapahit sangat luas ini sukses menguasai Bali, Madura, Malayu, dan Tanjungpura.

Kekuasaan Majapahit mencapai puncaknya pada pertengahan abad ke-14 di bawah kepemimpinan Raja Hayam Wuruk dan perdana menterinya, Gajah Mada. Beberapa mahir beranggapan bahwa wilayah Majapahit meliputi wilayah Indonesia saat ini dan sebagian Malaysia termasuk Filipina.

Lantas apakah betul Filipina termasuk wilayah Majapahit? Berdasarkan buka pelajaran Sejarah Indonesia, wilayah Majapahit meliputi Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik (Singapura) dan Filipina.

Selain memperluas wilayah, Majapahit juga menjalin hubungan dengan kerajaan Asia Tenggara. Kejayaan Majapahit tidak terlepas dari armada laut dibawah Mpu Nala. Berkat strategi dan kekuatan militernya Majapahit bisa menstabilkan wilayahnya serta memperluas wilayah. Selama berhasil Kerajaan Majapahit menjadi pusat perdagangan dengan komoditas ekspor ialah lada, garam dan lengkeng.

Selama berjalannya Kerajaan Majapahit banyak terjadi pemberontakan. Kerajaan Majapahit mencapai masa kejayaan ketika masa kepemimpinan Hayam Wuruk (1350-1389 M).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan buletin up to date dengan semua buletin terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selengkapnya
Sumber Okezone
Okezone