6 Cara yang Bisa Dicoba Agar Tidur Lebih Berkualitas

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Tidur merupakan kebutuhan nan krusial bagi semua orang. Mengapa? Alasannya, lantaran tidur sangat krusial untuk sel, organ, dan jaringan tubuh untuk bekerja secara normal. Oleh karena itulah, kita perlu menjaga kualitas tidur sebaik mungkin. Penelitian menunjukkan bahwa sepertiga orang Amerika mengalami insomnia, dan satu dari 10 mengalami tiga malam tanpa tidur setiap minggu selama berbulan-bulan.

Baru-baru ini, survei Herbalife Asia Pacific Health Priority 2023, mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dalam mendapatkan tubuh nan lebih sehat adalah dengan tidur cukup dan berkualitas. Artinya, responden di Asia Pasifik sudah menyadari, bahwa tidur adalah perihal krusial nan kudu dilakukan untuk mencapai kesehatan nan prima.

Kualitas tidur apalagi menempati posisi kedua, dipilih oleh 45% responden, setara dengan meningkatkan meningkatkan kekebalan tubuh (46%) dan hanya sedikit di bawah pilihan menjaga kesehatan secara keseluruhan (56%).

Menanggapi hasil survei, chairman Herbalife Nutrition Institute David Heber mengatakan bahwa pola tidur nan cukup berbobot memang sangat krusial untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

“Tidur merupakan kunci untuk membantu tubuh kita tetap sehat. Pola tidur bakal terganggu andaikan kita mempunyai tingkat kekhawatiran nan tinggi, terutama di masa nan tidak pasti. Tidur membantu kita menavigasi waktu stres dengan lebih baik.” kata David Heber.

Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas

Menurut National Institute of Health, tidur mendukung beragam kegunaan tubuh nan krusial termasuk metabolisme dan kesehatan otak. Metabolisme nan baik dapat mencegah obesitas.

Berikut ini beberapa rekomendasi untuk mendapatkan tidur nan berkualitas:

1. Memperhatikan pola makan

Memperhatikan pola makan dapat membantu kita mengelola tingkat stres dan mengubah langkah kita menanggapi stres. Berhentilah makan dan ngemil setidaknya tiga jam sebelum tidur. Ini memungkinkan pencernaan bisa beristirahat dan menghindari mulas nan dapat membikin Anda terbangun di malam hari.

2. Rutin berolahraga

Olahraga tak hanya mempunyai banyak faedah kesehatan nan krusial tetapi juga membantu tubuh rileks hingga mudah tertidur nyenyak. Saat berolahraga, tubuh melepaskan endorfin nan secara alami membikin mood lebih baik.

Olahraga tidak kudu dengan intensitas tinggi. Latihan dengan intensitas sedang apalagi rendah seperti yoga, pilates, alias jalan-jalan santuy di taman adalah obat terbaik untuk tubuh.

3. Jauhi gagdet sebelum tidur

Cibalah melakukan detoks digital tanpa komputer alias bermain ponsel setidaknya satu jam sebelum tidur, termasuk menonton TV dan Film.

4. Hilangkan stres dengan teknik relaksasi

Malam hari dan jam tidur juga merupakan waktu nan tepat untuk melakukan beberapa teknik relaksasi. Luangkan waktu untuk membiarkan pikiran dan tubuh rileks dengan pernapasan dalam, peregangan santai, dan meditasi.

5. Minum teh chamomile alias lavender

Chamomile mengandung senyawa nan bisa membantu relaksasi dan tidur nyenyak, ialah apigenin flavonoid. Senyawa ini dapat mengikat dan menghalang reseptor tertentu di otak nan menyebabkan kantuk. Sama seperti minyak esensial lavender nan meningkatkan relaksasi dan tidur, minum teh lavender juga mempunyai faedah menenangkan.

6. Buat agenda tidur

Bagi orang nan sangat sibuk dan mempunyai kapabilitas kerja berlebihan, kadang susah mendapatkan waktu tidur. Hal ini tidak bisa dibiarkan. Lakukan segala upaya untuk bisa tidur dan bangun pada waktu nan sama setiap hari. Rutinitas ini bakal menciptakan ritme tidur nan diperlukan tubuh.

“Nutrisi sehat, olahraga, pilihan style hidup nan tepat, dan menjaga kualitas tidur dapat meningkatkan kesehatan nan lebih baik, lantaran perihal ini dapat membantu Anda mengelola kesejahteraan secara keseluruhan dengan lebih baik,” tutup David Heber.

Selengkapnya
Sumber Gue Sehat
Gue Sehat