5 Kuliner Khas Sampang Madura, Kampung Kelahiran Mahfud MD

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

https: img.okezone.com content 2023 10 18 298 2903749 5-kuliner-khas-sampang-madura-kampung-kelahiran-mahfud-md-o8ORhF4MFN.jpg Ceger telur. (Foto: IG @ejscmadura)

KABUPATEN Sampang dengan ibu kotanya Sampang nan terletak di Pulau Madura, dikenal sebagai salah satu area nan mempunyai beragam budaya dan kuliner tersendiri. Kulinernya tidak terlepas dari budaya dan peninggalan suatu daerah.

Kota kelahiran Prof. Dr. Mahfud MD ini mempunyai beragam jenis kuliner mulai dari makanan ringan hingga makanan unik nan menawarkan beragam cita rasa nan menarik untuk dicoba, menjadikan perjalanan kuliner di kota nan terletak di Pulau Madura ini suatu pengalaman nan tak bakal terlupakan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kuliner unik Sampang nan tidak boleh Anda lewatkan.

5 Kuliner Khas Sampang Madura

1. Nasi Kobel

Nasi Kobel adalah makanan unik pesisir Sampang nan mempunyai akar budaya nan dalam. Nama "Kobel" sendiri berasal dari "Korang Abhelih," nan dalam bahasa setempat berfaedah "jika kurang, silakan kembali lagi."

Makanan ini adalah warisan tradisional nan pada awalnya dibuat oleh istri-istri nelayan sebagai bekal bagi suami mereka nan pergi melaut. Dalam setiap sajian nasi kobel terkandung angan agar sang nelayan selamat kembali ke darat setelah berlayar di laut nan ganas.

Keunikan utama dari nasi kobel terletak pada campuran parutan kelapa nan melengkapi hidangannya. Parutan kelapa ini dibuat dengan langkah dipanggang di atas cobek, memberikan cita rasa unik nan kaya dan gurih.

Kuliner unik Sampang sangat nikmat jika disantap berbareng dengan sambal Buje Cabibih, nan terbuat dari campuran garam dan cabe nan diulek tanpa tambahan air. Sambal lezat ini kemudian dibungkus dalam daun pisang, menciptakan sensasi rasa nan menggugah selera.

2. Dhun Adhun

Dhun Adhun adalah hidangan nan terdiri dari lontong, kuah kental, dan tepung beras nan dicampur dengan santan. Proses pengolahan Dhun Adhun melibatkan rempah - rempah nan kaya bakal rasa, sehingga memberikan cita rasa nan unik dan lezat. Hidangan ini semakin nikmat dengan taburan serundeng alias sambal nan terbuat dari jagung dan terasi.

Di Kabupaten Sampang, para penjual Dhun Adhun mungkin menggunakan komposisi bahan nan berbeda. Beberapa mungkin menambahkan sayuran seperti labu alias pepaya muda, sementara nan lain tidak. Variasi ini menciptakan beragam ragam dalam hidangan Dhun Adhun.

Waktu terbaik untuk menikmati Dhun Adhun adalah pada pagi hari, sebagai pilihan untuk sarapan. Hidangan ini bisa Anda temui di beragam tempat di Kota Sampang, terutama mulai pukul 05.00 WIB. Salah satu letak terkenal untuk menikmati Dhun Adhun adalah disekitaran Jalan Ternate di Kota Sampang.

Follow Berita Okezone di Google News

Selengkapnya
Sumber Okezone
Okezone